Langsung ke konten utama

KELAS X : M 1 KB 3 : Teks Laporan Hasil Observasi

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren.

Kali pertemuan ketiga ini kita akan mempelajari materi tentang menyusun Teks Laporan Hasil Observasi

Masih ingatkah pembelajaran pada pertemuan kedua minggu lalu?  

1. Apa definisi dari Teks LHO?
2. Apa saja struktur dari Teks LHO?
3. Apa saja kaidah kebahasaan dalam Teks LHO?
4. Apa tujuan dari Teks LHO?
5. Apa yang harus diperhatikan dalam membuat Teks LHO?



Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Pengetian teks laporan hasil observasi adalah sebagai berikut:

  • Teks Laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum mengenai sesuatu yang disusun dan didasarkan pada hasil pengamatan dan fakta yang ada melalui kalimat deskripsi. 
  • Teks Laporan hasil observasi adalah Teks yang berfungsi menjelaskan suatu objek atau fenomena yang didasari oleh hasil pengamatan. Dalam penyusunannya, teks ini memaparkan fakta-fakta dengan jelas dan terperinci
  •  Teks Laporan hasil observasi adalah berita atau informasi yang dibuat berdasarkan pengamatan. Kosasih (2014:43) menyatakan bahwa teks laporan hasil observasi mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan, bukan hasil imajinasi. Hal ini menegaskan bahwa yang diungkapkan dalam laporan hasil observasi adalah sesuatu yang terjadi.

Struktur isi teks laporan hasil observasi

Struktur adalah bagian-bagian yang membangun sebuah teks menjadi sebuah teks laporan hasil observasi, Secara umum, teks laporan hasil observasi memiliki 2 struktur, diantaranya yaitu.
  1. Pernyataan umum (klasifikasi), merupakan semacam pembuka atau pengantar tentang hal yang dilaporkan. Pada tahap pembukaan disampaikan bahwa benda-benda di dunia dapat diklasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan.
  2. Anggota/aspek yang dilaporkan, merupakan bahasan atau rincian tentang objek yang diamati.
Adapun struktur lainnya dari teks laporan ini adalah sebagai berikut.
  1. Definisi Umum, adalah pembukaan yang berisi pengertian tentang sesuatu yang dibahas didam teks.
  2. Definisi Bagian, adalah bagian yang berisi ide pokok dari setiap paragraf (penjelasan rinci).
  3. Definisi Manfaat, bagian yang menjelaskan manfaat dari sesuatu yang dilaporkan
  4. Penutup, adalah bagian rincian akhir dari teks.

Kaidah Kebahasaan teks laporan hasil observasi

Ciri-ciri dari teks hasil observasi adalah sebagai berikut:
  1. Mengandung fakta.
  2. Bersifat objektif.
  3. Ditulis sempurna dan lengkap.
  4. Tidak memasukkan unsur-unsur yang menyimpang, mengandung prasangka atau pemihakan
  5. Disajikan secara menarik, tatas bahasa jelas, isinya berbobot, dan susunan logis.
  6. Teks laporan sering dimulai dengan kalimat definisi tentang penggolongan atau klasifikasi
  7. Dalam laporan observasi sering digunakan kelompok nomina (kata benda) dengan penjenis dan kelompok nomina dengan pendeskripsi. 
  8. Kelompok nomina dengan penjenis tidak bisa disisipi oleh kata apa pun. Kedua kata itu harus saling berdekatan. 
  9. Kelompok nomina dengan pendeskripsi dapat disisipi, misalnya dengan kata penyangat, seperti sangat atau terlalu dan kata pewatas seperti yang.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi
Teks laporan hasil observasi, setidaknya memiliki 5 tujuan. Tujuan dari teks tersebut diantaranya sebagai berikut.
  1. Mengatasi suatu masalah,
  2. Mengambil suatu keputusan yang lebih efektif.
  3. Mengetahui kemajuan dan perkembangan suatu masalah.
  4. Mengadakan pengawasan dan perbaikan.
  5. Menemukan teknik–teknik baru.


Langkah-langkah Membuat Teks Laporan Hasil Observasi
  1. Tentukan tema kegiatan observasi
  2. Tentukan tujuan observasi
  3. Melakukan proses observasi.
  4. Menyusun kriteria aspek yang harus dilaporkan. Setelah melakukan observasi dan mendapatkan data-datanya, kita harus menyusun kriteria aspek yang akan dibahas, dideskripsikan dan dilaporkan dalam teks laporan hasil observasi.
  5. Membatasi aspek yang harus dilaporkan. Kita harus membatasi aspek apa saja yang harus dilaporkan, agar tidak keluar dari tujuan yang sudah dibuat.
  6. Mulai mendeskripsikan unsur-unsur yang dijelaskan sesuai aspeknya. Dimulai dengan mendefinisikan atau mengartikan aspek yang dipilih berupa pernyataan umum. Jangan lupa untuk menggunakan kaidah kebahasaan kalimat definisi.
  7. Melengkapi teks laporan hasil observasi dengan data dan gambar. Setelah dibuat definisi aspek yang dipilih, tambahkan data-data yang didapatkan dari hasil observasi bisa berupa gambar atau data yang berupa angka yang menunjukkan suatu ukuran. Jangan lupa gunakan kaidah kalimat simpleks dan kompleks, konjungsi, sinonim, dan antonim.
  8. Membuat simpulan hasil observasi. Setelah dilengkapi dengan data dan gambar, kita bisa membuat kesimpulan dari hasil observasi yang telah kita lakukan.
CONTOH MENYUSUN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

No.
SISTEMATIKA
ISI
1.
Judul
 Laporan Hasil Observasi Hewan Singa

2.
Pernyataan umum/Klasifikasi
Singa yang memiliki jantung dan paru-paru yang cukup kecil merupakan hewan yang tergolong sebagai hewan yang bukanlah pelari cepat. Kecepatan maksimum seekor singa berlari adalah 60 kilometer per jam. Singa juga diketahui tidak memiliki stamina untuk mempertahankan kecepatan ini lebih dari 100 – 200m.
3.
Aspek bagian

A.
Itulah sebabnya mengapa singa mengandalkan penguntitan mangsanya dan jarang menerkam mangsa sampai mereka berada dalam jarak 30m. Terkecuali jika mangsa sedang menghadap ke depan dan tidak dapat melihat pemangsanya.
B.
Singa menguntit mangsanya, meski perilaku penyergapan telah mulai direncanakan. Hal ini terjadi terutama pada siang hari saat mengintai mangsa dirasakan lebih sulit. Dari 1.300 perburuan yang diamati di Serengeti, 48% hanya melibatkan satu singa, 20% melibatkan dua singa, dan sisanya melibatkan singa dalam kelompok mulai dari tiga ekor hingga delapan ekor.
C.
Singa betina merupakan aktor yang melakukan sebagian besar perburuan, dan Singa jantan yang ikut serta berburu biasanya tetap tinggal bersembunyi sampai pembunuhan dilakukan. Singa yang berburu berpasangan dan kelompok memiliki tingkat keberhasilan sampai 30%. Sedangkan Singa yang berburu sendiri di siang hari memiliki tingkat keberhasilan 17 – 19%, namun Singa yang berburu dalam kelompok pada malam hari dianggap sebagai kucing yang ramah.
D.
Sebagian besar perburuan yang sukses di malam hari adalah perburuan yang melawan binatang buruan tunggal. Salah satu alasan tingkat keberhasilan perburuan singa yang relatif rendah adalah karena singa tidak mempertimbangkan arah angin saat berburu; Mereka sering mendekati mangsa dari arah angin yang kencang, sehingga menyadarkan mangsa akan keberadaannya dan pergi kabur.
E.
Kedua, singa umumnya jarang mengubah jalur serangan malah memilih meninggalkan jalur. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengamatan dimana seekor singa yang meleset dari sasarannya pada putaran pertama, biasanya akan meninggalkan pengejaran.
F.
Perburuan impala dan mangsa berukuran sedang secara signifikan lebih mungkin berhasil bila singa tidak menguntit mangsanya melainkan mengejar mereka segera setelah deteksi. Kebalikannya berlaku untuk spesies mangsa berukuran kecil. Namun, singa lebih cenderung menguntit impala dan spesies berukuran sedang dan menguntit mangsa berukuran kecil.
G.
Studi tentang taktik berburu kelompok oleh singa menjelaskan mengenai rencana dasar yang serupa dalam proses perburuan. Ketika kelompok singa tersebut melihat mangsa, sebuah perburuan sering diprakarsai oleh singa tunggal yang melihatnya, yang kemudian oleh singa lainnya direspons dengan melihat ke arah yang sama (satu-satunya bentuk “komunikasi” singa) yang jelas dan telah dibuktikan kesuksesannya dalam proses perburuan. Singa kemudian mengepung dan meluncurkan serangan pada mangsa tersebut, hingga mendorong mangsa ke arah yang lain yang menyergap dari posisi penutup mereka.
H.
Menurut pengamatan, singa sering tapi tidak secara eksklusif mengikuti pola berburu yang sama dan membagi singa menjadi beberapa peran seperti pengintai kiri, tengah & posisi sayap kanan. Singa yang berburu dalam peran pilihan mereka memiliki tingkat keberhasilan kelompok sebesar 9%.
I.
Begitu berada dalam jangkauan mangsa yang lebih kecil, singa menggunakan kaki mereka untuk menampar bagian belakang hewan di kakinya atau menjatuhkannya dari keseimbangan kemudian menyeretnya ke bawah. Gigitan pada leher mangsa tersebut dapat dengan cepat membunuh hewan itu.
J.
Pada mangsa yang lebih besar, singa akan mendekati hewan pada suatu sudut, melompat ke atasnya dan menggunakan beratnya sendiri untuk menggiring hewan ke tanah. Singa kemudian akan menggigit tulang belakang dalam upaya untuk memutuskan sumsum tulang belakang saat mereka melakukannya.
K.
Setelah jatuh, mereka menggigit tenggorokan atau bagian atas hidung dan mulut mangsanya untuk mencekiknya, posisi ini pun dilakukan untuk menghalangi mereka keluar dari tanduk yang bisa melukai singa itu.
L.
Ketika banyak persediaan makanan, singa menjorok ke dalam gerak perpindahan yang radiusnya dekat. Pada saat ini, rata-rata singa jantan menelan sekitar 15% dari berat badan mangsa. Makanan dibagikan dengan cukup serakah. Singa terkecil dan paling lemah sering kalah dari orangtuanya yang kelaparan bahkan tidak akan berbagi dengan keturunan mereka sendiri.
M.
Singa biasanya mulai makan dengan membuka perut dan memakan isi perut dari mangsanya. Kebanyakan singa akan memakan jantung, hati dan ginjal mangsa, tapi tidak banyak singa yang membuka tengkorak untuk mengonsumsi kepalanya.
4.
Penutup
Singa pun telah tercatat pernah memakan manusia. Di mana pun singa ditemukan, pasti pernah tercatat kasus dimana singa memangsa manusia sebagai makanan. Kasus singa memakan manusia yang terkenal adalah dua ekor singa jantan yang membunuh 28 orang Indian dan “puluhan” orang Afrika di Tsavo, Kenya, pada akhir abad ke-19 dan satu singa jantan yang membunuh 48 manusia di Ankole, Uganda, pada 1920-an. Korban terbesar yang pernah terjadi adalah dari sekelompok singa yang memangsa 2.000 orang di distrik Njombe, Tanzania, antara tahun 1932 dan 1947.

Jika sudah silahkan mendownload file tugas pada link di bawah ini!
Kelas X MM 1
kemudian kirim tugas tersebut pada email di bawah ini
sayuthy22mantab@gmail.com
JANGAN LUPA FILENYA DI BERI NAMA MASING-MASING!

Kelas X MM 2
kemudian kirim tugas tersebut pada email di bawah ini
sayuthy22mantab@gmail.com
JANGAN LUPA FILENYA DI BERI NAMA MASING-MASING!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas XI : M5 KB 3 : Menganalisis Isi, Sitematika, dan Kaidah Kebahasaan Teks Proposal

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang super keren. Pada pertemuan ketiga ini kita akan mempelajari materi tentang  Menganalisis Isi Teks Debat .  Setelah   mempelajari   materi   ini,   kamu   diharapkan   mampu: Menganalisis proposal, peserta didik mampu mengidentifikasi dan menemukan isi/informasi, sistematika, dan unsur kebahasaan proposal secara tepat Menguraikan isi/informasi, sistematika, dan unsur kebahasaan proposal dalam bentuk simpulan secara tepat. Sebelum mulai kegiatan belajar har ini, jangan lupa berdoa dulu ya? A. Mari amati video berikut! B. Mari amati materi PPT berikut ini! https://drive.google.com/open?id=1JlKPpIwrqMuYwSJ53nMvvhhBqBrH32aK C. Materi menganalisis isi proposal Pada pembelajaran kali ini, kalian akan belajar menganalisis isi dengan mengidentifikasi informasi dalam proposal. Setelah itu, kamu akan mempelajari cara menganalisis sistemattika penulisan proposal dan analsisi unsur kebahasaan y

KELAS XI : M4 KB 1 : BUKU PENGAYAAN (NONFIKSI)

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren. Pada pertemuan kali ini ini kita akan belajar materi tentang Buku Pengayaan (Nonfiksi) Sebelum belajar jangan lupa berdoa dulu ya? Kompetensi Dasar 3.7 Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan        (nonfiksi) yang dibaca Indikator Pencapaian Kompetensi 3.7.1 Mendeteksi butir-butir penting dari buku pengayaan           (nonfiksi) yang dibaca dengan cermat. 3.7.2 Membuat ringkasan butir-butir penting dari satu           buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca dengan cermat dan           runtut. Tujuan pembelajaran Melalui kegiatan literasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi, peserta didik mampu: 1. mendeteksi butir-butir penting dari buku nonfiksi yang dibaca      dengan cermat secara berkelompok; 2. membuat ringkasan butir-butir penting dari satu buku pengayaan      (nonfiksi) dengan cermat dan runtut secara berkelompok; sehingga peser

KELAS XII M1 KB 1 : Teks Surat Lamaran Pekerjaan

Halo, Selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren.  Kali ini kita akan belajar tentang Teks Surat Lamaran Pekerjaan.  Apa sih Surat Lamaran Pekerjaan itu?  Silahkan simak video berikut  dan bisa juga download file powerpoint  https://drive.google.com/file/d/1adp1flTm8STzeAfW2YA6fCjGg6zE2bUd/view?usp=sharing Definisi surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang ditulis seseorang yang ditujukan kepada lembaga/instansi dengan tujuan mendapatkan pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan bisa juga diartikan dengan surat dari calon karyawan kepada calon majikan yang berisi permintaan supaya karyawan diberi pekerjaan oleh calon majikan. Surat lamaran pekerjaan bersifat formal ataupun resmi, misalnya surat untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan ataupun jabatan tertentu sesuai pada iklan yang ditawarkan. Dalam hal ini, pelamar dalam surat lamarannya perlu menyebutkan sumber lamaran tersebut pada paragr