Langsung ke konten utama

Kelas XII : M2 KB 3 : Teks Cerita Sejarah

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren.

Pada pertemuan ketiga ini kita akan mempelajari materi tentang Teks Cerita Sejarah

Sebelum belajar jangan lupa berdoa dulu ya?

Sekarang kita akan memahami lebih dalam tentang Kaidan kebahasaan Teks Cerita Sejarah


KAIDAH KEBAHASAAN TEKS CERITA SEJARAH


1. Kata ganti (pronomina)    Kata ganti adalah kata yang menggantikan benda atau sesuatu yang dibendakan. Kata ganti yang akan dibahas khusus kata ganti orang. Kata ganti orang adalah kata ganti yang berfungsi menggantikan kata benda (orang).
  1. Kata ganti orang pertama tunggal, contoh: hamba, saya, beta, aku, daku, awak, patik, hamba sahaya, dan sebagainya. Jamak, contoh: kami, kita
  2. Kata ganti orang kedua tunggal, contoh: kamu, engkau, tuan, saudara/saudari. Jamak, contoh: kamu sekalian, engkau sekalian, saudara sekalian, anda sekalian, kalian semua, dan sebagainya.
  3. Kata ganti orang ketiga tunggal, contoh: dia, ia, beliau. Jamak, contoh: mereka

2. Kalimat bermasa lampau    Dalam cerita sejarah, terdapat fitur-fitur kebahasaan yang menjadi kekhasannya. Salah satu diantaranya adalah penggunaan kalimat yang menyatakan peristiwa pada masa lampau.
   Contoh:
   - Pada tahun 1778 (1192 H), Syarif Abdurrahman dikukuhkan menjadi Sultan Pontianak. Letak pusat pemerintahan ditandai dengan berdirinya Masjid Jami Pontianak (kini bernama Masjid Sultan Syarif Abdurrahman) dan Istana Kadariyah
   - Pada waktu itu, ...............
   - Pada abad ke-17,......
3. Frasa adverbial    Frase adverbial adalah frasa yang mengandung kata keterangan, contoh:
  • Ayahku berangkat ke Jakarta kemarin sore.
  • Dia sedang bertamu ke rumah temannya sekarang ini.

4. Kata-kata tindakan (Verba material)    Verba material merupakan kata kerja berimbuhan yang mengacu pada tindakan fisik, ataupun perbuatan yang dilakukan secara fisik oleh partisipan.
Contoh Verba Material (Kata dan Kalimat)

  • Mereka menebang pohon tersebut dengan cepat.
  • Ikan itu digorengnya secara perlahan-lahan.
 5. Konjungsi kausalitas    Konjungsi sebab (kausal) menjelaskan bahwa suatu peristiwa terjadi karena suatu sebab tertentu. Bila anak kalimat ditandai oleh konjungsi sebab, induk kalimat merupakan akibatnya. Jadi, konjungsi kausal adalah konjungsi yang menghubungkan sebab dan akibat.
    Kata-kata yang dipakai untuk menyatakan hubungan sebab adalah sebab, sebab itu, karena,dan karena itu. Berikut adalah beberapa jenis konjungsi kausal beserta contoh kata:

  1. Konjungsi kausal syarat adalah konjungsi kausal yang  menghubungkan akibat dengan syarat terjadinya akibat tersebut. Contoh: jika, bila, kalau.
  2. Konjungsi kausal alasan adalah konjungsi kausal yang menyatakan alasan suatu akibat terjadi. Contoh: karena.
  3. Konjungsi kausal simpulan adalah konjungsi kausal yang menarik simpulan dari suatu sebab dalam bentuk akibat. Contoh: jadi, dengan, demikian.
  4. Konjungsi kausal akibat adalah konjungsi kausal yang menghubungkan akibat yang terjadi dari suatu sebab. Contoh: sehingga, maka, oleh karena itu, oleh sebab itu.
  5. Konjungsi kausal untuk adalah konjungsi kausal yang menyatakan suatu sebab yang diharuskan untuk terjadinya sebuah akibat yang diharapkan. Contoh: untuk itu, agar.Contoh konjungsi kausal. 
6. Konjungsi temporal
    Konjungsi Temporal (kata sambung waktu), berguna untuk menata urutan-urutan peristiwa yang diceritakan, teks cerita sejarah banyak memanfaatkan konjungsi (kata penghubung) temporal.
Konjungsi (kata sambung) temporal (waktu) menjelaskan hubungan waktu antara dua hal atau peristiwa. Misalnya : hingga, ketika, sambil, sebelum, sedari, sejak, selama, semenjak, sementara, seraya, waktu, setelah, sesudah, selanjutnya, seterusnya, tatkala,

Macam-macam Konjungsi TemporalKata konjungsi temporal terbagi menjadi dua yaitu kata konjungsi temporal sederajat dan kata konjungsi temporal tidak sederajat. Perhatikan penjelasan berikut ini!
1. Konjungsi Temporal Sederajat    Kata Konjungsi temporal sederajat adalah kata hubung yang bersifat setara atau sederajat. Kata konjungsi temporal sederajat tidak boleh di gunakan di awal kalimat. Jika diletakkan diawal kalimat, maka tidak akan menjadi kalimat yang tidak efektif. Kata konjungsi temporal sederajat yang sering dipakai adalah kemudian, sebelumnya, sesudahnya, lalu, dan selanjutnya. Konjugsi temporal sederajat biasanya digunakan pada kalimat majemuk setara. Konjungsi temporal sederajat harus diletakkan ditengah kalimat.
Contohnya dalam kalimat sebagai berikut:

  1. Dina mengumpulkan data dengan cara observasi, kemudian mengolah data tersebut untuk membuktikan hipotesa penelitiannya.
  2. Rina berencana mengadakan sebuah kegiatan, sebelumnya ia menyusun proposal.
  3. Andi berhasil menangkap bola lalu pergi dan menendang bola ke arah gawang lawan.
  4. Ibu memasukan telur, selanjutnya memasukkan mentega ke dalam wadah.
2. Konjungsi Temporal tidak Sederajat    Kata konjungsi temporal tidak sederajat adalah kata hubung yang menghubungkat kalimat bertingkat atau tidak setara. Kata konjungsi temporal tidak sederajat dapat di gunakan di awal, tengah, maupun di akhir paragraf. Kata konjungsi temporal tidak sederajat yang sering di gunakan antara lain: ketika, sejak, apabila, sebelum, sesudah, hingga, demi, sementara, waktu, bila, sambil,dll
Contoh dalam kalimat:

  1. Rina pergi ketika mentari mulai terbenam.
  2. Sejak kepergian ayahnya, ia menjadi tulang punggung keluarganya.
  3. Apabila peristiwa itu tidak terjadi, ia pasti tidak akan merasa bersalah seperti itu.
  4. Krisis moneter itu terjadi sebelum zaman reformasi.
  5. Sesudah dikocok hingga mengembang, masukkanlah tepung terigu secara perlahan sambil diaduk-aduk.
  6. Dia terus berjuang melawan penjajah demi tanah air tercinta.
  7. Waktu itu, Beliau sedang tidak berada di kota itu.
  8. Bila waktunya tiba, ia akan datang kembali.
  9. Dia kuliah sambil bekerja untuk membiayai pendidikannya.
Jika sudah memahami materi tersebut, kerjakan tugas berikut secara mandiri.


KELAS XII MM1
Unduhlah form tugas kalian pada link berikut 

kemudian kirim tugas kalian pada email berikut ini 
sayuthy22mantab@gmail.com

KELAS XII MM2
Unduhlah form tugas kalian pada link berikut 

kemudian kirim tugas kalian pada email berikut ini 
sayuthy22mantab@gmail.com

KELAS XII KPR
Unduhlah form tugas kalian pada link berikut 

kemudian kirim tugas kalian pada email berikut ini 
sayuthy22mantab@gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas XI : M5 KB 3 : Menganalisis Isi, Sitematika, dan Kaidah Kebahasaan Teks Proposal

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang super keren. Pada pertemuan ketiga ini kita akan mempelajari materi tentang  Menganalisis Isi Teks Debat .  Setelah   mempelajari   materi   ini,   kamu   diharapkan   mampu: Menganalisis proposal, peserta didik mampu mengidentifikasi dan menemukan isi/informasi, sistematika, dan unsur kebahasaan proposal secara tepat Menguraikan isi/informasi, sistematika, dan unsur kebahasaan proposal dalam bentuk simpulan secara tepat. Sebelum mulai kegiatan belajar har ini, jangan lupa berdoa dulu ya? A. Mari amati video berikut! B. Mari amati materi PPT berikut ini! https://drive.google.com/open?id=1JlKPpIwrqMuYwSJ53nMvvhhBqBrH32aK C. Materi menganalisis isi proposal Pada pembelajaran kali ini, kalian akan belajar menganalisis isi dengan mengidentifikasi informasi dalam proposal. Setelah itu, kamu akan mempelajari cara menganalisis sistemattika penulisan p...

KELAS XI : M4 KB 1 : BUKU PENGAYAAN (NONFIKSI)

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren. Pada pertemuan kali ini ini kita akan belajar materi tentang Buku Pengayaan (Nonfiksi) Sebelum belajar jangan lupa berdoa dulu ya? Kompetensi Dasar 3.7 Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan        (nonfiksi) yang dibaca Indikator Pencapaian Kompetensi 3.7.1 Mendeteksi butir-butir penting dari buku pengayaan           (nonfiksi) yang dibaca dengan cermat. 3.7.2 Membuat ringkasan butir-butir penting dari satu           buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca dengan cermat dan           runtut. Tujuan pembelajaran Melalui kegiatan literasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi, peserta didik mampu: 1. mendeteksi butir-butir penting dari buku nonfiksi yang dibaca      dengan cermat secara berkelompok; 2. membuat rin...

FORUM DISKUSI KELAS XII MM 1 DAN XII KPR : M1 KB 2 : Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Assalamualaikum, Wr. Wb. Selamat pagi, anak-anakku pembelajar bahasa Indonesia KELAS  XII MM1  dan  Kelas XII KPR  yang keren-keren. Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiat. Amin? Pada forum diskusi M 1 KB 2 kali ini, kita akan saling  bertukar  pendapat ,  wawasan , dan  pengetahuan . Setelah kalian memahami materi Surat Lamaran Pekerjaan.  1. Apakah struktur setiap Surat Lamaran Pekerjaan berbeda?   2. Mengapa dalam menulis Surat Lamaran Pekerjaan tidak boleh dengan menyombongkan kemampuan atau memelas? 3. Menurut kalian, seberapa pentingkah lampiran yang akan kalian ikutsertakan pada surat teks lamaran pekerjaan?  Kemukakan alasan kalian masing-masing! Silahkan kemukakan jawaban kalian pada kolom komentar. Terimakasih.