Langsung ke konten utama

Evaluasi M1 dan M2 Kelas 12 MM dan KPR

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang super keren.

Pada pertemuan kali ini kita akan berdiskusi tentang pemahaman kalian terhadap materi 1: Teks Surat Lamaran Pekerjaan dan materi 2: Teks Cerita Sejarah.


Silahkan tuliskan jawaban kalian pada kolom komentar. 

Diperbolehkan mengomentari jawaban teman jika menurut kalian jawaban temanmu masih belum sesuai.

Silahkan saling berbalas komentar.
Semangat belajar, semangat berproses!


  1. Apakah menurutmu materi 1 dan Materi 2 sudah bisa kalian pahami dengan jelas? Kemukakan alasanmu!
  2. Apakah metode yang digunakan saat pembelajaran materi 1 dan materi 2 sudah bisa kalian kuasai? Berilah alasanmu!
  3. Apakah masih ada dari beberapa kegiatan belajar (KB) pada materi 1 dan materi 2 belum kalian pahami? Sertakan alasanmu!
  4. Adakah saran untuk metode atau model pembelajaran yang baik untuk saya sebagai guru matapelajaran bahasa Indonesia di kelas kalian? Kemukakan alasanmu!
Sampai jumpa lagi. 

Komentar

  1. ANNISYAH KHOSRIAWATI PUTRI
    X11 KEPERAWATAN
    1.ada yang belum ada yang sudah,,
    pada bab 1 masih kurang faham pada bagian bagian surat lamaran pekerjaan,dan saya
    bingung apa yang saya mau isi di dalam surat lamaran pekerjaan
    pada bab 2 masih kurang faham tentang kaidah kebahasaannya
    2.belum semua hanya sebagian ,alasan saya seperti pada soal nomer 1
    3.masih ada sebagian ,alsan saya seperti pada nomer 1
    4.saya ingin saat pelajaran ada materi yang ditulis agar bisa memudahkan pemahaman.dan memudahkan belajar saat mau ujian

    BalasHapus
  2. Zahwa Septiany (XII KPR)
    1. Insyaallah saya sudah bisa memahami karena sudah di jelaskan secara detail
    2.Insyaallah saya sudah bisa menguasai materi bab 1 dan 2 , tetapi cuman sebagian besar saja.
    3.hanya seberapa yang belum saya pahami
    4.saya sudah senang dan nyaman dengan adanya metode pembelajaran seperti ini saja karena dengan metode ini saya lebih paham.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Denny Fhang
    1.insyallah saya suadah memahami bab 1 dan 2
    2.sebagian besar saya sudah bisa bmenguasai bab 1 dan 2
    3hanya beberapa materi yang blm saya pahami
    4.saya lebih paham dengan metode seperti ini dan saya sudah nyaman dengan belajar seperti ini

    BalasHapus
  5. 1)insha allah sudah paham cuman mungkin ada sbagian kecil yg masih bingung
    2)insha allah sudah bisa memahami,mungkin hnya pada materi 2 sperti kata ganti promina
    3)mungkin hnya pada materi 2 sperti kata ganti promina
    4)alhamdulilah sy senang pembelajaran pada metode sperti ini smua lengkap jika ada yg kurang pham atau mngerti bsa lgsg cari di internet dg berbagai bnyaknya refrensi,tetapi ketika kita mau ulangan bingung,bagaimana jika slesai materi pada metode sperti ini di copy dan di print untuk pegangan ketika mau ulangan/ujian

    BalasHapus
  6. ASSALAMMU'ALAIKUM PAK
    Nama : Zumrotul Izza
    Kelas : XII Keperawatan

    1. Kalo materi 1 tentang surat lamaran pekeerjaan alhamdulillah saya sudah bisa tapi kalo materi ke-2 tentang cerita sejarah saya kurang faham pak ketika disuruh menjabarkan konjungsi gitu" saya kurang faham.
    2. Sudah pak.Kalau menggunakan metode ini tugasnya gak bisa molor soalnya ada batas waktu pengumpulannya saya suka jadi tugasnya ganumpuk.
    3. Ada tentang materi ke-2 soalnya saya kurang faham strukturnya.
    4. Metode seperti ini menurut saya sudah baik tapi kalau menerangkan jangan cepat-cepat ya pak maaf karena pemahaman saya lemot .

    BalasHapus
  7. 1.bisa dipahami,tapi untuk materi bab 2 saya kurang paham dengan kaidah kebahasaannya,dan untuk materi bab 1 mungkin hanya kurang bisa menyusun surat lamaran yang baik dan benar.
    2.metode pembelajaran selama ini sebenarnya sudah bisa dikuasai,hanya saja cukup kesulitan ketika akan menghadapi ujian seperti kemarin,karena materi dan tugas ada di laptop,sedangkan disini sangat jarang untuk mengaksesnya.
    3.sudah bisa dipahami,mungkin hanya perlu meng evaluasi ulang.
    4.saran sekiranya kita tetap bisa mempelajari materi pembelajaran meski tidak ada laptop.
    :)nailus

    BalasHapus
  8. 1. sedikit banyak materi yang telah disampaikan sudah saya pahami.Tapi ada beberapa
    bagian yang belum saya pahami seperti pada bab 2 (task cerita sejara) sya masih
    bingung
    untuk membedakan seperti frasa adverbial,dll
    2.belum semua, karna saya masih bingung untuk mencermati materinya terutama pada
    bab 2
    3.ya, karna saya masih bingung untuk mengejar materi yang disampaikan
    4.kalau saya sendiri lebih suka diperbanyak menerangkannya agar lebih bisa memahami
    dan menguasai materinya

    Wardatun Nafisah
    XII Keperawatan

    BalasHapus
  9. 1. Sebagian materi saya sudah sedikit faham, tetapi saya masih binggung apa saja yang harus saya isi dalam membuat surat lamaran pekerjaan. Sedangkan materi teks cerita sejarah saya masih binggung kaidah kebahasaan nya.
    2. Saya lebih suka jika metode pembelajarannya materinya di jelaskan beserta contohnya di papan tulis.
    3. Iya, seperti kaidah kebahasaan kata ganti.
    4. Saya lebih suka metode pembelajaran yang di terangin di papan tulis dan di terangkan.

    Putri Sayyida Rahmadani
    XII Keperawatan

    BalasHapus
  10. 1. Insya allah saya sudah bisa memahami dengan baik. Tapi ada beberapa point dalam materi yang saya belum paham sepenuhnya. Seperti menganalisis kaidah kebahasaan dalam teks sejarah^-^
    2.belum sepenuhnya, karena saya masih bingung dengan cara belajarnya
    3.ada beberapa dari materi 1 dan 2 , seperti menganalisis struktur teks surat lamaran pekerjaan, kaidah kebahasaan dalam teks sejarah
    4.menurut saya, saya ingin metode pembelajaran selain dengan menggunakan laptop ( online) kita juga menggunakan media tulis agar mempermudah dalam belajar dan meminimalkan keterlambatan mengumpulkan tugas.


    Sekian,terima kasih^_^

    BalasHapus
  11. Niken Eka Meynesya
    XII Keperawatan
    1. alhamdulillah sedikit banyak saya sudah bisa memahami. Untuk di bab 1 saya masih bingung untuk mengisi surat lamaran pekerjaan itu seperti apa. Untuk di bab 2 saya masih kurang paham di bagian kaidah kebahasaannya.
    2.Belum semua karena saya masih bingung dengan metode pembelajaran yang digunakan.
    3.Iya, karena saya belum bisa mengejar materi yang telah di sampaikan.
    4.saya lebih suka jika pembelajaran sering dibuat untuk menerangkan materi karena itu akan mempermudah saya memahami materi nya.

    BalasHapus
  12. 1. alhamdulillah sudah banyak materi yang saya pahami, namun dalam kaidah kebahasaan dalam teks cerita sejarah ada yang belum paham, seperti pronomina dan orientasi,kronologi,reorientasi
    2. untuk bab 1 insya allah sudah paham, kalau bab 2 masih ada yang kurang paham
    3. masih, untuk materi 1 mudah untuk membuat surat lamaran pekerjaan sedangkan materi 2 harus memahami teks cerita tersebut
    4. menurut saya metode pembelajaran ini saya senang, tetapi saya lebih senang jika pembelajaran secara langsung

    XII Keperawatan

    BalasHapus
  13. Aisyi Aunnida Yahya
    XII Keperawatan
    1.Insyallah saya sudah bisa memahami dengan baik tapi masih ada beberapa poin yang masih belum saya pahami seperti menganalisis kaidah kebahasaan dalam teks.
    2.Masih belum sepenuhnya, karena saya masih bingung dengan metode pembelajarannya.
    3.Masih ada beberapa poin dari kedua materi yang belum saya kuasai sepenuhnya.
    4.Menurut saya metode pembelajarannya sebaiknya selain dengan metode online kita juga menggunakan metode tulis supaya lebih gampang untuk memahami.

    BalasHapus
  14. Nur Auliyatul Inayah20 September 2019 pukul 17.34

    1.) sebagian sudah faham tentang surat lamaran pekerjaan dan sebagian masih belum faham tentang teks cerita sejarah
    2.) alhamdulillah saya sudah bisa menguasai metode pelajaran 1, tapi metode pelajaran 2 sebagian besar saya masih belum faham tentang metode pelajaran 2.
    3.) ada, yaitu teks cerita sejarah tentang pronomina dan frasa
    4.) menurut saya, metode pembelajaran bahasa indonesia sudah banyak di mengerti, tp, lebih enaknya metode pembelajaranya secara langsung.

    BalasHapus
  15. @Dewi Ernawati
    XII- Keperawatan
    Assalamualikum pak

    1. materi 1 dan materi 2 sudah saya bisa pahami dengan jelas, karna cara penyampaian bapak yang mudah dimengerti dan jelas. hanya sedikit saja yang tidak saya paham.
    2. Alhamdulillah sudah bisa, karna sebelu bapak memberikan tugas pasti bapak menerangkan materi yang akan dikerjakan terlebih dahulu, jadi saya lebih mudah untuk mengerjakannya karna tahu apa yang ada didalam tugas tersebut.
    3. ada beberapa, pada materi 1 saya kurang paham bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar, dan saya masih bingung dengan urutan pembuatan surat lamaran kerja. pada mater 2 saya masih tidah paham dengan kaidah kebahasaan teks sejarah.
    4. cara mengajar bapak sangan baik, karna setiap materi yang bapak jelaskan sangat jelas dan bahasa yang bapak gunakan sangat mudah dipahami, jadi saya cepat untuk mengerti materi yang bapak berikan.

    BalasHapus
  16. Salshabilla Amanda Putri
    XII Keperawatan
    1.alhamdulillah saya sudah paham dibab 01 surat lamaran pekerjaan.untuk di bab 2 saya kurang faham menganalisis kaidah kebahasaan .
    2.untuk bab 01 insyallah sudah faham,kalau untuk bab 2 masih ada yang belum faham.
    3.iya,karena saya belum bisa mengejar materi yang telah disampaikan.
    4.menurut saya metode pembelejaran cukup menyenangkan,tetapi saya lebih suka kalau materinya diterangkan langsung dari pada dionline.

    BalasHapus
  17. Abid Dhiya 'Ulhaq
    XII Multimedia 2

    1. untuk materi bab 1 saya sudah paham dan jelas tetapi di bab 2 saya kurang paham tentang teks sejarah secara kabahasaan
    2. untuk bab 1 sudah hampir semua saya kuasai tapi di bab 2 saya belum menguasai sama sekali
    3. masih, untuk materi 1 mudah untuk membuat surat lamaran pekerjaan sedangkan materi 2 harus memahami teks cerita tersebut
    4. saya ingin saat pelajaran ada materi yang ditulis agar bisa memudahkan pemahaman.dan memudahkan belajar saat mau ujian

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. assalamualaikum pak
    Eric Samsul Huda
    XII Multimedia 2
    1. saya sudah paham pak tapi ''rodok lali'' pak
    2. untuk bab 01 paham tapi agak lupa 02 paham
    3. tidak ada
    4. bagus pak saya suka dengan cara pembelajarannya

    BalasHapus
  20. fernanda putra islami20 September 2019 pukul 19.14

    1. Alhamdullilah saya sudah paham tentang bab 1 dan bab 2
    2. Alhamdullilah sudah pak ,alasan saya sebelum memberikan tugas pasti bapak menerangkan materi yang akan dikerjakan ,
    jadi saya lebih mudah untuk mengerjakannya tugas tersebut.
    3. Ada pak,pada bab 2 saya masih tidak paham dengan kaidah kebahasaan teks sejarah.
    4. Sudah pak,dengan adanya metode pembelajaran seperti ini saya lebih paham dan lebih praktis.

    BalasHapus
  21. Bintang Ramadhan Tarsinggih
    XII MM 2
    1. hmmm, mayan, insyaallah saya inget lagi kalo lupa-,-
    2. sampai akar"nya pak-,-
    3. paham-,-
    4. alhamdulillah sudah baik-,-

    BalasHapus
  22. XIIMM2
    1. menurut saya iya, paham
    2. lumayan, sebagian besar
    3. ada,
    4. sudah, sperti ini saja
    wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  23. Fahrian Hilmi (XII MM2)20 September 2019 pukul 19.23

    1. Allhamdulilah untuk bab 1 dan 2 saya udah lumayan paham
    2. Allhamdulilah sebagian sudah saya kuasai, Dengan metode mengerjakan tugas saya bisa paham apa yang dipelajari
    3. Ada tapi dikit rata-rata yang bab 2
    4. Cukup metode ini aja karena dengan metode ini saya lebih paham

    BalasHapus
  24. _Syukri.az
    XII Multimedia 2

    1. Alhamdulillah Paham semua karena sudah di jelaskan secara detail
    2. Sebagian besar saya sudah bisa menguasai bab 1 dan 2
    3. Sudah bisa dipahami
    4. Metodenya sangat mengikuti perkembangan kecanggihan jaman Modern ini

    BalasHapus
  25. Muhammad Fadhil A. Farizi
    XII Multimedia 2

    1. Alhamdulillah sudah faham di bab. 1 kalau di bab. 2 masih kurang faham tentang kaidah kebahasaan.
    2. Inshaa Allah sudah faham. Mungkin di materi 2 yang masih kurang faham.
    3. Belum semua, karena di bab. 2 saya belum tau cara memahami tentang kaidah kebahasaan
    4. Ngk ada pak. Samean pancen ngenten pun

    BalasHapus
  26. π’©π“Šπ‘”π“‡π’Άπ’½π’Ά π’Ÿπ’Ύπ“‰π“Žπ’Ά
    XII Multimedia2

    1. Lumayan paham pak
    2. Sudah pak, aman wes pokoke
    3. Ngga ada, loss lanjut bab berikutnya
    4. Kayak gini aja pak wes, sampean pancen ngentenπŸ‘

    BalasHapus
  27. Vorinoramadhani
    XII Multimedia 2

    1. Alhamdulillah, Bab 1 sudah paham Bab 2 kadang paham kadang nggak :)
    2. Alhamdulillah, Sudah bisa tapi kadang lupa :)
    3. Bab 2 blas :)
    4. Losss lanjut pak wes terbaik poll pokok e, Samean pancene ngetenπŸ‘

    BalasHapus
  28. - aai

    Assalamu'alaikum

    Woke Whats Up people!
    Kali ini, kita akan memberi komentar perihal pembelajaran Bahasa Indonesia tentang materi 1: Teks Surat Lamaran Pekerjaan dan materi 2: Teks Cerita Sejarah.

    1. Untuk masalah pemahaman materi, alhamdulillah saya paham walaupun masih belum
    sempurna. Karena yang sempurna itu hanya milik-Nya.
    2. Untuk Bagian metode, saya rasa metode yang seperti ini lebih konsisten. Karena siswa
    menjadi lebih aktif belajar. Setiap murid juga jadi mempunyai rasa bertanggung jawab
    dalam setiap pembelajaran yang diberikan oleh guru.
    3. Tentunya pasti ada.
    4. Hmmm, alhamdulillah cara anda mengajar sudah sangat efektif. Sangat
    menguntungkan bagi para murid, disamping anda sudah menjelaskan secara langsung
    anda juga sudah memberikan materi secara online. Mungkin cara ini lebih efisien bagi
    kami, karena kami seorang MULTIMEDIA.

    Saran saya, sebaiknya anda sebagai guru menyesuaikan metode cara mengajar di
    setiap kelas, karena setiap kelas di sekolah ini berbeda. Untuk pengumpulan tugas
    metode ini memang benar sangat menguntungkan bagi anda dan anak - anak tertentu
    yang berfasilitas mempunyai laptop, tetapi bagi anak yang kurang berfasilitas mungkin
    menurut mereka sangat berbalik keadaan.

    Wassalamu'alaikum wr. wb

    BalasHapus
  29. Assalamu'alaikum wr.wb

    1.Alhamdulillah untuk materi 1 dan 2 insyaallah saya paham hanya untuk kaidah kebahasaan yang kurang saya pahami.
    2.untuk metode pembelajaran saya dapat menguasainya,terkesan lebih efektif dan lebih mudah dimengerti.setiap bapak memberi tugas bapak akan terlebh dahulu memberi materi untuk dipahami jadi lebih mudah untuk mengerjakanya.
    3.saya kurang paham dengan kaidah bahasaan alasanya karna sulit untuk menerapkan di tugas yang di berikan.
    4.menurut saya metode pembelajaran seperti ini lebih mudah dipahami.

    BalasHapus
  30. 1. alhamdulillah sedikit paham
    2.yaa sedikit" karena metode belajar kurang efektif dikarenakan materinya di blog bukan di buku jadi tidak bisa dibawa ke area asrama
    3.kurang paham kalu tidak dijelaskan langsung
    4.lebih nyaman diterangkan dg gurunya langsung

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas XI : M5 KB 3 : Menganalisis Isi, Sitematika, dan Kaidah Kebahasaan Teks Proposal

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang super keren. Pada pertemuan ketiga ini kita akan mempelajari materi tentang  Menganalisis Isi Teks Debat .  Setelah   mempelajari   materi   ini,   kamu   diharapkan   mampu: Menganalisis proposal, peserta didik mampu mengidentifikasi dan menemukan isi/informasi, sistematika, dan unsur kebahasaan proposal secara tepat Menguraikan isi/informasi, sistematika, dan unsur kebahasaan proposal dalam bentuk simpulan secara tepat. Sebelum mulai kegiatan belajar har ini, jangan lupa berdoa dulu ya? A. Mari amati video berikut! B. Mari amati materi PPT berikut ini! https://drive.google.com/open?id=1JlKPpIwrqMuYwSJ53nMvvhhBqBrH32aK C. Materi menganalisis isi proposal Pada pembelajaran kali ini, kalian akan belajar menganalisis isi dengan mengidentifikasi informasi dalam proposal. Setelah itu, kamu akan mempelajari cara menganalisis sistemattika penulisan proposal dan analsisi unsur kebahasaan y

KELAS XI : M4 KB 1 : BUKU PENGAYAAN (NONFIKSI)

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren. Pada pertemuan kali ini ini kita akan belajar materi tentang Buku Pengayaan (Nonfiksi) Sebelum belajar jangan lupa berdoa dulu ya? Kompetensi Dasar 3.7 Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan        (nonfiksi) yang dibaca Indikator Pencapaian Kompetensi 3.7.1 Mendeteksi butir-butir penting dari buku pengayaan           (nonfiksi) yang dibaca dengan cermat. 3.7.2 Membuat ringkasan butir-butir penting dari satu           buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca dengan cermat dan           runtut. Tujuan pembelajaran Melalui kegiatan literasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi, peserta didik mampu: 1. mendeteksi butir-butir penting dari buku nonfiksi yang dibaca      dengan cermat secara berkelompok; 2. membuat ringkasan butir-butir penting dari satu buku pengayaan      (nonfiksi) dengan cermat dan runtut secara berkelompok; sehingga peser

KELAS XII M1 KB 1 : Teks Surat Lamaran Pekerjaan

Halo, Selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren.  Kali ini kita akan belajar tentang Teks Surat Lamaran Pekerjaan.  Apa sih Surat Lamaran Pekerjaan itu?  Silahkan simak video berikut  dan bisa juga download file powerpoint  https://drive.google.com/file/d/1adp1flTm8STzeAfW2YA6fCjGg6zE2bUd/view?usp=sharing Definisi surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang ditulis seseorang yang ditujukan kepada lembaga/instansi dengan tujuan mendapatkan pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan bisa juga diartikan dengan surat dari calon karyawan kepada calon majikan yang berisi permintaan supaya karyawan diberi pekerjaan oleh calon majikan. Surat lamaran pekerjaan bersifat formal ataupun resmi, misalnya surat untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan ataupun jabatan tertentu sesuai pada iklan yang ditawarkan. Dalam hal ini, pelamar dalam surat lamarannya perlu menyebutkan sumber lamaran tersebut pada paragr