Langsung ke konten utama

KELAS X : M6 KB 3 : Teks Debat

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang super keren.

Pada pertemuan ketiga ini kita akan mempelajari materi tentang Menganalisis Isi Teks Debat


Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu:

  1. Menganalisa data dan informasi tentang isi debat: (permasalahan/isu, sudut pandang dan beberapa pihak, dan simpulan).
  2. Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang isi debat (permasalahan/isu, sudut pandang dan beberapa pihak, dan simpulan)

Sebelum belajar jangan lupa berdoa dulu ya?

A. Mari amati materi PPT berikut ini!
https://drive.google.com/open?id=1ZE_JA9I9TATJVZ-J_gv5koPdLA6Av8b7

Amati juga beberapa video tentang materi debat berikut ini!
1. Pihak-pihak dalam debat


2. Contoh analisis isi debat

3. Video Debat

B. Materi Analisis Isi Teks Debat

Apakah kalian pernah menganalisis debat?
Kalau belum pernah, ayo menambah pengetahuan dalam menganalisis isi debat.


Menurut KBBI, analisis/ana·li·sis/ n 1 penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dan sebagainya); 2 Man penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antarbagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan; 3 Kim penyelidikan kimia dengan menguraikan sesuatu untuk mengetahui zat bagiannya dan sebagainya; 4 penjabaran sesudah dikaji sebaik-baiknya; 5 pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya.



Menganalisis isi debat adalah penyelidikan (meneliti/memeriksa) terhadap suatu teks, wacana, dan pelaksanaan debat. Kegiatan tersebut memuat sejumlah kegiatan seperti mengidentifikasi, membedakan, memilah, menguraikan isi/informasi debat untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu kemudian dicari kaitannya. 

Dalam debat harus ada moderator yang bertugas memimpin dan mengatur jalannya debat. Tata tertib debat, memperkenalkan masing-masing pihak, dan penyampaian mosi akan dilakukan oleh moderator. 

Meskipun tujuan debat tidak untuk mencapai kesepakatan atau persamaan pendapat dalam menyikapi mosi, tetapi masing-masing pihak harus mampu mempertahankan pendapatnya dengan argumen yang kuat. Apabila argumen yang disampaikan satu pihak lebih kuat dan lebih meyakinkan, bukan tidak mungkin pada akhir debat pihak lain akan mengubah pendapatnya tentang mosi. 

Sebelum menganalisis kekuatan dan kelemahan pendapat pihak-pihak yang berdebat, hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengidentiikasi pendapat dan argumen yang disampaikan masing-masing pihak. 

Dalam pembelajaran kali ini kalian akan belajar menganalisis isu/mosi/permasalahan yang diperdebatkan, pendapat serta argumen yang disampaikan oleh setiap pihak yang terlibat dalam debat, kekuatan dan kelemahan tiap-tiap pihak yang berdebat. 

Analisis yang dilakukan dalam bagian ini ditekankan pada kekuatan dan kelemahan pendapat serta argumen yang disampaikan. Namun, sebelum itu kalian harus mengidentifikasi pendapat dan argumen yang disampaikan masing-masing pihak.

Gambar terkait


APAKAH KALIAN TAHU?


Bagaimana cara menganalisis isi debat yang baik?



  1. Mengidentifikasi mosi, sudut pandang, dan argument tiap tim/pihak pelaksana debat.
  2. Menganalisis kekuatan dan kelemahan tim/pihak pelaksana debat.
  3. Menganalisis kekuatan dan kelemahan argumen pihak-pihak pelaksana debat.
  4. Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang isi debat dalam bentuk simpulan.


Dalam debat, setiap tim berusaha untuk meyakinkan pendapatnya kepada penonton atau juri. Meskipun debat tidak bertujuan untuk mencapai kata sepakat, pihak yang berdebat harus mampu mempertahankan pendapatnya dengan argumen yang kuat. Pada akhirnya, pihak yang kuat dalam berargumen yang mendapat nilai lebih dari juri debat. Agar dapat berargumen dengan baik, dalam debat kita harus dapat mengidentifikasi dan menganalisis pendapat serta argumen pihak lawan debat.

CONTOH ANALISIS ISI TEKS DEBAT
1. Teks Debat

2. Analisis Isi Teks Debat


Demikianlah materi dan contoh menganalsis isi teks debat. 
Semoga bermanfaat. sampai bertemu lagi pada pertemuan berikutnya!


Jika sudah memahami materi di atas, silahkan mendownload file tugas pada link di bawah ini!

Kelas X MM 1
Kemudian kirim tugas tersebut pada email di bawah ini
sayuthy22mantab@gmail.com
JANGAN LUPA FILENYA DI BERI NAMA MASING-MASING!



Kelas X MM 2
Kemudian kirim tugas tersebut pada email di bawah ini
sayuthy22mantab@gmail.com
JANGAN LUPA FILENYA DI BERI NAMA MASING-MASING!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas XI : M5 KB 3 : Menganalisis Isi, Sitematika, dan Kaidah Kebahasaan Teks Proposal

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang super keren. Pada pertemuan ketiga ini kita akan mempelajari materi tentang  Menganalisis Isi Teks Debat .  Setelah   mempelajari   materi   ini,   kamu   diharapkan   mampu: Menganalisis proposal, peserta didik mampu mengidentifikasi dan menemukan isi/informasi, sistematika, dan unsur kebahasaan proposal secara tepat Menguraikan isi/informasi, sistematika, dan unsur kebahasaan proposal dalam bentuk simpulan secara tepat. Sebelum mulai kegiatan belajar har ini, jangan lupa berdoa dulu ya? A. Mari amati video berikut! B. Mari amati materi PPT berikut ini! https://drive.google.com/open?id=1JlKPpIwrqMuYwSJ53nMvvhhBqBrH32aK C. Materi menganalisis isi proposal Pada pembelajaran kali ini, kalian akan belajar menganalisis isi dengan mengidentifikasi informasi dalam proposal. Setelah itu, kamu akan mempelajari cara menganalisis sistemattika penulisan proposal dan analsisi unsur kebahasaan y

KELAS XI : M4 KB 1 : BUKU PENGAYAAN (NONFIKSI)

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren. Pada pertemuan kali ini ini kita akan belajar materi tentang Buku Pengayaan (Nonfiksi) Sebelum belajar jangan lupa berdoa dulu ya? Kompetensi Dasar 3.7 Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan        (nonfiksi) yang dibaca Indikator Pencapaian Kompetensi 3.7.1 Mendeteksi butir-butir penting dari buku pengayaan           (nonfiksi) yang dibaca dengan cermat. 3.7.2 Membuat ringkasan butir-butir penting dari satu           buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca dengan cermat dan           runtut. Tujuan pembelajaran Melalui kegiatan literasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi, peserta didik mampu: 1. mendeteksi butir-butir penting dari buku nonfiksi yang dibaca      dengan cermat secara berkelompok; 2. membuat ringkasan butir-butir penting dari satu buku pengayaan      (nonfiksi) dengan cermat dan runtut secara berkelompok; sehingga peser

KELAS XII M1 KB 1 : Teks Surat Lamaran Pekerjaan

Halo, Selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren.  Kali ini kita akan belajar tentang Teks Surat Lamaran Pekerjaan.  Apa sih Surat Lamaran Pekerjaan itu?  Silahkan simak video berikut  dan bisa juga download file powerpoint  https://drive.google.com/file/d/1adp1flTm8STzeAfW2YA6fCjGg6zE2bUd/view?usp=sharing Definisi surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang ditulis seseorang yang ditujukan kepada lembaga/instansi dengan tujuan mendapatkan pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan bisa juga diartikan dengan surat dari calon karyawan kepada calon majikan yang berisi permintaan supaya karyawan diberi pekerjaan oleh calon majikan. Surat lamaran pekerjaan bersifat formal ataupun resmi, misalnya surat untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan ataupun jabatan tertentu sesuai pada iklan yang ditawarkan. Dalam hal ini, pelamar dalam surat lamarannya perlu menyebutkan sumber lamaran tersebut pada paragr