Langsung ke konten utama

Kelas XI : M8 KB 1 : Teks Resensi/Teks Ulasan

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren.

 Semoga kita senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dari wabah Covid-19. Amin ya Robbal 'Alamin...


Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari materi tentang  Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Teks Resensi atau Teks Ulasan


Untuk MA Nurul Ulum Putra-Putri Kelas XI MIA 1, XI MIA 3, XI IIS 1, XI IIS 3, dan XI IIS 4.

Untuk SMK Modern Al-Rifa'ie Kelas XI MM 1, XI MM 2, dan XI KEP.

Sebelum belajar jangan lupa berdoa dulu ya?
Berdasarkan Hadist, Ini 8 Waktu yang Paling Mustajab untuk Berdoa

Simak dulu media powerpoint berikut


dan

Simak dulu video berikut
https://youtu.be/f8r0D42OODg

https://youtu.be/Mz97NFHqD54

https://youtu.be/yL8fQ17C684


TEKS RESENSI atau TEKS ULASAN



A. Pengertian Teks Resensi
     Kata resensi berasal dari bahasa Belanda “Resentie” yang berarti mengulas kembali dalam KBBI resensi memiliki arti sebuah ulasan buku. Sebuah resensi penting untuk seorang pembaca, karena dengan mengetahui ulasan sebuah buku yang akan dibaca.

     Resensi adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya. Karya yang dapat dinilai berupa buku, film dan drama. Tugas penulis resensi adalah memberikan gambaran kepada pembaca mengenai suatu karya apakah layak dibaca atau tidak. Resensi menjelaskanisi buku, baik kelebihan maupun kekurangan. resensi bukanlah tulisan untuk menjual buku. tidak ada pesan sponsor dalam resensi buku. oleh karena itu, resesni yang baik hanya mengungkapkan pokok-pokok informasi yang dibaca oleh peresensi secara kritis.

Dalman (2014:229), resensi adalah suatu istilah yang digunakan untuk menilai baik atau tidaknya sebuah buku. Hal yang dimaksud, keunggulan dan kelemahan buku tersebut.


Rosidi (2009:60), resensi merupakan salah satu upaya untuk menghargai tulisan atau karya dari orang lain dengan cara memberikan komentar secara objektif.


Resensi dapat diartikan sebagai penilaian terhadap karya orang lain dengan memberikan pertimbangan baik dan buruk karya tersebut secara objektif. 

Resensi biasanya dimuat di dalam surat kabar, majalah, atau media elektronik. sebelum meresensi, peresensi harus membaca buku yang akan diresensi terlebih dahulu. peresensi harus memliki pengetahuan yang memadai, teruta,a yang berhubungna dengan isi buku yang akan diresensi.

B. Fungsi Teks Resensi
Resensi memilki beberapa fungsi, berdasarkan pemakai atau penikmat, fungsi resensi buku sebagai berikut.

  1. Bagi penulis, berfungsi untuk mendapatkan umpan balik dan    saran tentang buku yang ditulis.
  2. Bagi penerbit, berfungsi memperkenalkan buku-buku yang akan diterbitkan.
  3. Bagi penerbit media massa, resensi buku dimanfaatkan sebagai saran dalam menguji atau mengembangkan suatu topik atau masalah.


C. Tujuan Teks Resensi
Resensi buku bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar membaca dan memiliki buku-buku tersebut. Adapun tujuan resensi sebagai berikut.

  1. menimbang agar buku memperoleh perhatian dari orang yang belum membaca buku.
  2. memberikan penilaian dan penghargaan terhadap isi buku sehingga penilaian itu diketahui khalayak.
  3. melihat kesesuaian latar belakang pendidikan pengarang dengan bahan yang ditulis.
  4. menghargai keunggulan penulisan sebuah buku.
  5. mengungkapkan kelemahan suatu penulisan dan sistem penulisan.
  6. memberikan pujian atau kritik terhadap bobot ilmiah atau nilai karya seseorang. 


D. Contoh Resensi

Kumpulan Contoh Resensi Buku Non Fiksi / Pengetahuan / Pelajaran

 Identitas Buku

  • Judul Buku: Memahami Film.
  • Pengarang: Himawan Prastita.
  • Penerbit: Homerian Pustaka.
  • Tahun Terbit: 2008.
  • Tebal Halaman : 223 halaman.

Sinopsis Buku

Mayoritas orang masih melihat film adalah sesuatu yang mustahil dilakukan, padahal film bisa dibuat oleh siapa pun. Walaupun minat belajar tentang film sangat tinggi, kenyataannya dalam memahami seni film masih sangat terbatas. Pengetahuan orang tentang film sama sekali belum bisa mempengaruhi tentang daya paham seseorang.
Ilmu tentang film sebagai buah karya seni hanya dijadikan mata kuliah semata, padahal seni ini bukan hanya milik akademisi saja. Film adalah milik semua pecintanya baik pelakon mau pun penonton. Buku ini mencoba membantu semua penonton film memahami film sebagai sebuah karya seni.
Buku ini pembaca bisa belajar tentang motif atas pilihan teknik yang dipilih sutradara baik sisi naratifnya maupun sistematiknya. Membaca buku ini akan dengan mudah memahaminya karena dilengkapi dengan gambar-gambar penunjang sebagai peraga.

Kelebihan Buku

Buku ini mampu memberikan contoh-contoh dari setiap unsur pembentuk film yang disertai dengan referensi dan ilustrasi film. Contoh-contoh itulah yang akan memudahkan pembaca untuk memahaminya. Selain itu juga menjelaskan detail semua topik yang dibahas di dalamnya, sehingga pembaca mudah mengerti.
Buku ini mampu membantu pembuat film baru yang masih dalam tahap pengenalan tentang alat dan proses produksi film. Karena bahas yang digunakan dalam buku ini ringan dan cocok bagi pemula.

Kekurangan Buku

Saking larisnya buku ini susah didapatkan, bahkan di toko buku ternama seperti Gramedia pun jarang menjualnya. Jika ingin membelinya harus melalui instagram, atau situs penjual buku.
.......................................................................................................

Jika masih ada yang belum paham, silahkan bertanya pada kolom komentar. 
Pastikan emailmu aktif sehingga tidak sulit ketika ingin bertanya di kolom komentar. 
Jangan lupa sertakan nama, kelas, dan nomor presensi kalian. 
Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas XI : M5 KB 3 : Menganalisis Isi, Sitematika, dan Kaidah Kebahasaan Teks Proposal

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang super keren. Pada pertemuan ketiga ini kita akan mempelajari materi tentang  Menganalisis Isi Teks Debat .  Setelah   mempelajari   materi   ini,   kamu   diharapkan   mampu: Menganalisis proposal, peserta didik mampu mengidentifikasi dan menemukan isi/informasi, sistematika, dan unsur kebahasaan proposal secara tepat Menguraikan isi/informasi, sistematika, dan unsur kebahasaan proposal dalam bentuk simpulan secara tepat. Sebelum mulai kegiatan belajar har ini, jangan lupa berdoa dulu ya? A. Mari amati video berikut! B. Mari amati materi PPT berikut ini! https://drive.google.com/open?id=1JlKPpIwrqMuYwSJ53nMvvhhBqBrH32aK C. Materi menganalisis isi proposal Pada pembelajaran kali ini, kalian akan belajar menganalisis isi dengan mengidentifikasi informasi dalam proposal. Setelah itu, kamu akan mempelajari cara menganalisis sistemattika penulisan proposal dan analsisi unsur kebahasaan y

KELAS XI : M4 KB 1 : BUKU PENGAYAAN (NONFIKSI)

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren. Pada pertemuan kali ini ini kita akan belajar materi tentang Buku Pengayaan (Nonfiksi) Sebelum belajar jangan lupa berdoa dulu ya? Kompetensi Dasar 3.7 Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan        (nonfiksi) yang dibaca Indikator Pencapaian Kompetensi 3.7.1 Mendeteksi butir-butir penting dari buku pengayaan           (nonfiksi) yang dibaca dengan cermat. 3.7.2 Membuat ringkasan butir-butir penting dari satu           buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca dengan cermat dan           runtut. Tujuan pembelajaran Melalui kegiatan literasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi, peserta didik mampu: 1. mendeteksi butir-butir penting dari buku nonfiksi yang dibaca      dengan cermat secara berkelompok; 2. membuat ringkasan butir-butir penting dari satu buku pengayaan      (nonfiksi) dengan cermat dan runtut secara berkelompok; sehingga peser

KELAS XII M1 KB 1 : Teks Surat Lamaran Pekerjaan

Halo, Selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren.  Kali ini kita akan belajar tentang Teks Surat Lamaran Pekerjaan.  Apa sih Surat Lamaran Pekerjaan itu?  Silahkan simak video berikut  dan bisa juga download file powerpoint  https://drive.google.com/file/d/1adp1flTm8STzeAfW2YA6fCjGg6zE2bUd/view?usp=sharing Definisi surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang ditulis seseorang yang ditujukan kepada lembaga/instansi dengan tujuan mendapatkan pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan bisa juga diartikan dengan surat dari calon karyawan kepada calon majikan yang berisi permintaan supaya karyawan diberi pekerjaan oleh calon majikan. Surat lamaran pekerjaan bersifat formal ataupun resmi, misalnya surat untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan ataupun jabatan tertentu sesuai pada iklan yang ditawarkan. Dalam hal ini, pelamar dalam surat lamarannya perlu menyebutkan sumber lamaran tersebut pada paragr