Langsung ke konten utama

Kelas XI : M8 KB 3 : Menyusun Teks Resensi/Teks Ulasan

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren.

 Semoga kita senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dari wabah Covid-19. Amin ya Robbal 'Alamin...


Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari materi tentang  Menyusun Teks Resensi atau Teks Ulasan


Untuk MA Nurul Ulum Putra-Putri Kelas XI MIA 1, XI MIA 3, XI IIS 1, XI IIS 3, dan XI IIS 4.

Untuk SMK Modern Al-Rifa'ie Kelas XI MM 1, XI MM 2, dan XI KEP.

Sebelum belajar jangan lupa berdoa dulu ya?
Berdasarkan Hadist, Ini 8 Waktu yang Paling Mustajab untuk Berdoa

Simak dulu media powerpoint berikut


dan

Simak dulu video berikut
https://youtu.be/f8r0D42OODg

https://youtu.be/Mz97NFHqD54

https://youtu.be/yL8fQ17C684


MENYUSUN TEKS RESENSI atau TEKS ULASAN

1. Identifikasi Buku yang akan diresensi
Sebelum menyusun sebuah resensi, amatilah identitas buku yang meliputi judul, jenis buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, cetakan ke-, dan jumlah halaman. Penulis harus menunjukkan jensi buku yang diresensi termasuk buku fiksi atau buku nonfiksi.

2. Syarat Penyusunan resensi
  • ada data buku atau identitas buku
  • pendahuluan berisi perbandingan dengan karya sebelumnya, biografi pengarang, atau unsur yang berhubungan dengan tema atau isi
  • ada ulasan singkat terhadap buku tersebut
  • harus bermanfaat untuk pembaca pada umumnya.


3. Langkah-langkah menyusun resensi
  • membaca dan memahami isi buku yang kan diresensi
  • membuat judul resensi (judul resensi harus dibuat semenarik mungkin dan dapat menjiwai seluruh inti tulisan)
  • menyusun data buku yang akan diresensi (judul, jenis buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, cetakan ke-, dan jumlah halaman)
  • membuat pembukaan
  • membuat isi atau tubuh resensi (ulasan isi buku, kelebihan, dan kelemahan isi buku)
  • membuat penutup resensi (pentingnya buku tersebut untuk dimiliki dan dibaca)


.......................................................................................................

Jika masih ada yang belum paham, silahkan bertanya pada kolom komentar. 
Pastikan emailmu aktif sehingga tidak sulit ketika ingin bertanya di kolom komentar. 
Jangan lupa sertakan nama, kelas, dan nomor presensi kalian. 
Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas XI : M5 KB 3 : Menganalisis Isi, Sitematika, dan Kaidah Kebahasaan Teks Proposal

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang super keren. Pada pertemuan ketiga ini kita akan mempelajari materi tentang  Menganalisis Isi Teks Debat .  Setelah   mempelajari   materi   ini,   kamu   diharapkan   mampu: Menganalisis proposal, peserta didik mampu mengidentifikasi dan menemukan isi/informasi, sistematika, dan unsur kebahasaan proposal secara tepat Menguraikan isi/informasi, sistematika, dan unsur kebahasaan proposal dalam bentuk simpulan secara tepat. Sebelum mulai kegiatan belajar har ini, jangan lupa berdoa dulu ya? A. Mari amati video berikut! B. Mari amati materi PPT berikut ini! https://drive.google.com/open?id=1JlKPpIwrqMuYwSJ53nMvvhhBqBrH32aK C. Materi menganalisis isi proposal Pada pembelajaran kali ini, kalian akan belajar menganalisis isi dengan mengidentifikasi informasi dalam proposal. Setelah itu, kamu akan mempelajari cara menganalisis sistemattika penulisan proposal dan analsisi unsur kebahasaan y

KELAS XI : M4 KB 1 : BUKU PENGAYAAN (NONFIKSI)

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren. Pada pertemuan kali ini ini kita akan belajar materi tentang Buku Pengayaan (Nonfiksi) Sebelum belajar jangan lupa berdoa dulu ya? Kompetensi Dasar 3.7 Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan        (nonfiksi) yang dibaca Indikator Pencapaian Kompetensi 3.7.1 Mendeteksi butir-butir penting dari buku pengayaan           (nonfiksi) yang dibaca dengan cermat. 3.7.2 Membuat ringkasan butir-butir penting dari satu           buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca dengan cermat dan           runtut. Tujuan pembelajaran Melalui kegiatan literasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi, peserta didik mampu: 1. mendeteksi butir-butir penting dari buku nonfiksi yang dibaca      dengan cermat secara berkelompok; 2. membuat ringkasan butir-butir penting dari satu buku pengayaan      (nonfiksi) dengan cermat dan runtut secara berkelompok; sehingga peser

KELAS XII M1 KB 1 : Teks Surat Lamaran Pekerjaan

Halo, Selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren.  Kali ini kita akan belajar tentang Teks Surat Lamaran Pekerjaan.  Apa sih Surat Lamaran Pekerjaan itu?  Silahkan simak video berikut  dan bisa juga download file powerpoint  https://drive.google.com/file/d/1adp1flTm8STzeAfW2YA6fCjGg6zE2bUd/view?usp=sharing Definisi surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang ditulis seseorang yang ditujukan kepada lembaga/instansi dengan tujuan mendapatkan pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan bisa juga diartikan dengan surat dari calon karyawan kepada calon majikan yang berisi permintaan supaya karyawan diberi pekerjaan oleh calon majikan. Surat lamaran pekerjaan bersifat formal ataupun resmi, misalnya surat untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan ataupun jabatan tertentu sesuai pada iklan yang ditawarkan. Dalam hal ini, pelamar dalam surat lamarannya perlu menyebutkan sumber lamaran tersebut pada paragr