Langsung ke konten utama

KELAS XII M5 KB 1 : Teks Ulasan

 Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren.


 Semoga kita senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dari wabah Covid-19. Amin ya Robbal 'Alamin...


Pada pertemuan kali ini kita akan mengerjakan tugas tentang Teks Ulasan


Untuk SMK Modern Al-Rifa'ie Kelas XII MM 1, XII MM 2, XII FA, dan XII KEP.

Silahkan klik link ZOOM dibwah ini.

Kompetensi Dasar

3.7 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca

4.7 Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis


Indikator Pencapaian Kompetensi

3.7.1 Mengidentifikasi isi buku fiksi dan nonfiksi

3.7.2 Membandingkan isi buku fiksi dan nonfiksi

4.7.1 Merancang laporan hasil diskusi buku

4.7.2 Menyusun laporan hasil diskusi buku.


Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning, siswa mampu menilai isi buku fiksi dan nonfiksi; menyusun laporan hasil diskusi buku; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.


Ayo BERLITERASI dulu dengan mengamati terlebih dahulu video pembelajaran temtang materi TEKS ULASAN berikut!






PAHAMI JUGA CONTOH TEKS ULASAN DI BAWAH INI!!!

Buku Fiksi

Mengumpulkan Ingatan Bersama Hujan


Identitas Buku

Judul            : Hujan

Penulis         : Tere Liye

Tahun Terbit: 2016

Penerbit       : Gramedia Pustaka Utama

Tebal Buku  : 320 halaman

 

Sinopsis

Hujan adalah sebuah novel fiksi sains yang menceritakan bumi di masa depan. Jadi, ada dua orang manusia yang bernama Lail dan Esok yang bertemu pasca letusan gunung di tahun 2042, dimana letusan ini hanya menyisakan 10% dari seluruh total manusia di bumi dan membuat iklim serta cuaca di bumi kacau balau.

Esok adalah anak yang jenius dan pintar, juga seorang pencipta mobil terbang yang pertama kali ada di dunia ini. Lail sendiri adalah tokoh utama wanita yang biasa-biasa saja, khas seorang wanita di novel Tere Liye. Lail digambarkan sebagai wanita yang sederhana sekaligus berjiwa sosial yang pada akhirnya menjadi seorang relawan dan perawat.

Lail memiliki perasaan dengan Esok, tetapi seperti khasnya seroang laki-laki jenius, Esok terlalu sibuk dengan dunianya sehingga tidak bisa selalu bersama Lail.

Jadi, novel ini dibuka dengan adegan dimana Lail mendatangi ahli syaraf untuk memodifikasi ingatannya. Yup, di zaman itu diceritakan teknologi menjadi sedemikian canggih sehingga ahli syaraf bahkan bisa memodifikasi ingatan manusia. Elijah sebagai perawat di pusat syaraf itu menjadi penghubung antara Lail dengan kisahnya yang mengharu biru sebelum pada akhirnya memutuskan pindah planet karena bumi semakin tidak kondusif lagi.

Ulasan

Latar waktu dan tempat yang digunakan novel ini benar-benar di luar bayangan. Mengambil waktu di zaman 2045 dimana bumi menjadi serba canggih dan menimbulkan decak kagum para pembaca. Meskipun digambarkan pula keadaan bumi yang sudah setengah hancur, tetap sulit rasanya membayangkan kecanggihan seperti itu bisa ada dan eksis. Tetapi, Tere Liye berhasil menciptakan atmosfer yang nyata sehingga pembaca benar-benar masuk ke latar waktu dan tempat yang sedemikian berbeda dengan apa yang kita miliki sekarang.

Kelebihan Buku

Buku ini memiliki alur yang apik dan tersusun rapi. Jadi, meskipun menggunakan alur maju dan mundur, tidak akan membuat bingung pembaca. Selain itu, tempo cerita yang dibuat oleh Tere Liye sangat pas. Tidak terlalu cepat ataupun terlalu lambat. Di sisi lain, banyaknya hal-hal baru yang membuat pembaca terkejut di sepanjang cerita bisa menjadi nilai tambah juga. Alurnya juga tidak tertebak dan membuat ending yang mengharukan.

Kekurangan Buku

Hujan memiliki tokoh utama Lail yang terkesan pasif. Semua hal yang ia lakukan bukanlah atas inisiatifnya sendiri, ini yang membuat saya sedikit tidak sreg ketika membaca novel Hujan.

Tetapi, semua kekurangan itu bisa tertutupi oleh tokoh Esok yang mempesona. Jadi, meskipun Lail digambarakna sebagai perempuan yang lemah dan cengeng, bagi saya pribadi itu dapat dimaafkan.



Buku pengayaan (nonfiksi)


                                    Mencicipi Kopi Medan dengan Kover Magazine

Identitas Buku

Judul Buku: Kover Magazine: Medan Coffee Direction

Jenis Buku: Majalan Bulanan

Edisi: #105 November-Desember 2019

Tebal Buku: 89 Halaman


        Eksistensi sebuah majalah fisik di zaman serba digital ini memang sangat dipertanyakan. Tetapi, Kover Magazine berani mengambil tantangan tersebut hingga sampai ke edisi 105 di tengah jajahan teknologi ini. Dalam edisi di bulan November dan Desember ini, Kover membawa tema mengenai kopi yang paling memikat di Kota Medan.

        Segala macam kopi, dari mulai yang paling modern hingga yang paling lawas ada di dalam majalah ini. Dimulai dari Piacevole yang paling kekinian sampai Kedai Kopi Apek yang paling klasik. Tetapi keduanya sama-sama menyajikan kopi terbaik untuk para pecinta kopi akut di Kota Medan.

Tidak hanya itu, juga terdapat belasan profil kopi yang ada di kota Medan dan tentunya layak untuk dicicipi. Juga ada beberapa profil orang dan artikel mengenai standar barista yang ada di kafe-kafe.     Dilengkapi dengan foto-foto estetik tentu akan membuat pembaca semakin betah membaca majalah ini.

        Jika ada kekurangan dalam majalah ini adalah kurangnya artikel mengenai kopi yang tidak melibatkan kafe. Akan lebih baik jika majalah ini juga menyediakan artikel mengenai jenis kopi atau tips memilih biji kopi yang baik. Tapi selebihnya, majalah ini sangat nyaman untuk dibaca.

        Majalah Kover cukup cerdas mencari topik yang populer untuk diangkat menjadi bahasan utama di dalam majalah. Kopi memang sedang naik daun dengan bertambahnya penikmat kopi di Medan. Kover menawarkan alternatif kopi enak yang ada di seantero kota Medan selain Starbucks.



TEKS ULASAN


Pengertian ulasan di dalam KBBI adalah tafsiran, kupasan, ataupun komentar terhadap sebuah objek. Macam-macam objek yang bisa dibuat ulasannya adalah buku, drama, novel, puisi, film, maupun lagu. Biasanya, teks ulasan berisi berbagai macam penilaian yang bersifat kritis, berimbang, serta jujur tanpa ada tedensi apa pun.


Menurut Gerot dan Wignell, teks ulasan adalah teks yang memiliki fungsi untuk mengukur, menilai, dan memikirkan kritik mengenai suatu karya atau kejadian yang diulas tersebut.


Berbeda dengan pendapat ahli di atas, Hylan dan Diani berpendapat bahwa ulasan adalah sebuah teks yang berisi kupasan serta penilaian dari sebuah karya sastra. Penilaian ini nantinya akan dijadikan tolak ukur dalam mengenalkan sebuah karya kepada pembacanya.

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa teks ulasan adalah sebuah teks yang berisi sebuah tafsiran ataupun komentar dengan tujuan untuk menilai ataupun menyampaikan kritik terhadap sebuah objek (bisa buku, drama, novel, puisi, film, atau lagu). Teks ulasan ini nantinya akan diterbitkan dan dijadikan tolak ukur bagi penikmat karya tersebut.

Ciri Ciri Teks Ulasan

Teks ulasan biasanya ditulis oleh kritikus atau seseorang yang sudah ahli di bidang karya yang sedang diulas. Misalnya, ulasan film akan dikeluarkan oleh seorang pengamat film dan ulasan sastra akan dibuat oleh pengamat sastra.

Teks ulasan bisa juga dikeluarkan oleh penikmat sebuah karya dengan sudut pandang sebagai penikmat.  Selain itu, umumnya, ulasan yang dikeluarkan oleh seorang profesional dan penikmat tetap memiliki ciri yang sama. Berikut ciri-ciri teks ulasan:

  • 1. Memiliki Struktur yang Tetap

Teks ulasan selalu memiliki struktur penulisan yang sama. Yakni terdiri dari bagian orientasi ulasan, tafsiran ulasan, evaluasi ulasan, dan yang terakhir adalah rangkuman keseluruhan ulasan. Struktur ini tidak boleh berubah urutannya dan menjadi salah satu ciri teks ulasan yang paling menonjol.

  • 2. Memberi Informasi Mengenai Sebuah Karya

Teks ulasan harus selalu memberi informasi mengenai sebuah karya. Dari mulai identitas karya dan sinopsis keseluruhan karya tersebut. Biasanya, informasi yang dikeluarkan oleh pengulas didasarkan oleh sudut pandang subjektif yang tetap memuat fakta-fakta yang  ada dalam karya atau produk tersebut.

  • 3. Memberikan Pandangan atau Opini

Hal yang paling vital dalam sebuah teks ulasan adalah adanya pandangan atau opini pengulas terhadap objek yang diulas. Syarat pandangan atau opini ini adalah harus memakai sudut pandang subjektif tetapi tetap berpegang pada fakta yang ada di dalam karya. Opini yang dikeluarkan juga harus adil dan tidak boleh dikeluarkan berdasarkan kedekatan personal dengan si pembuat karya.

  • 4. Dibuat untuk Memberi Pandangan Secara Umum Kepada Khalayak

Ciri lain dari sebuah teks ulasan adalah dibuat untuk memberikan gambaran kasar kepada khalayak, apakah karya tersebut perlu dilihat atau tidak. Inilah kenapa kritik sastra atau ulasan sangat mempengaruhi eksistensi sebuah karya di pasar. Sebab, ulasan yang baik tentu akan mengundang lebih banyak orang. Sedangkan ulasan yang buruk akan membuat orang berpikir dua kali soal objek yang diulas.

Jika sudah silahkan mendownload file tugas pada link di bawah ini!
Kelas XII MM 1
https://drive.google.com/drive/folders/1DLMBQsZnRapTZ3gJlthJboXJMS33Z-UG?usp=sharing
kemudian kirim tugas tersebut pada email di bawah ini
JANGAN LUPA FILENYA DI BERI NAMA MASING-MASING!

Kelas XII MM 2
https://drive.google.com/drive/folders/1KdbF3563HtHq7ABUaai0ueMy06-c3m6a?usp=sharing
kemudian kirim tugas tersebut pada email di bawah ini
JANGAN LUPA FILENYA DI BERI NAMA MASING-MASING!

Kelas XII FM
https://drive.google.com/drive/folders/1qExfd1A3QikqQstiubnKBgu4JcqxemXd?usp=sharing
kemudian kirim tugas tersebut pada email di bawah ini
JANGAN LUPA FILENYA DI BERI NAMA MASING-MASING!

Kelas XII KPR
https://drive.google.com/drive/folders/1D51xRVTFSydNh-yRBs8KmXYE2go5C1mw?usp=sharing
kemudian kirim tugas tersebut pada email di bawah ini
JANGAN LUPA FILENYA DI BERI NAMA MASING-MASING!




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas XI : M5 KB 3 : Menganalisis Isi, Sitematika, dan Kaidah Kebahasaan Teks Proposal

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang super keren. Pada pertemuan ketiga ini kita akan mempelajari materi tentang  Menganalisis Isi Teks Debat .  Setelah   mempelajari   materi   ini,   kamu   diharapkan   mampu: Menganalisis proposal, peserta didik mampu mengidentifikasi dan menemukan isi/informasi, sistematika, dan unsur kebahasaan proposal secara tepat Menguraikan isi/informasi, sistematika, dan unsur kebahasaan proposal dalam bentuk simpulan secara tepat. Sebelum mulai kegiatan belajar har ini, jangan lupa berdoa dulu ya? A. Mari amati video berikut! B. Mari amati materi PPT berikut ini! https://drive.google.com/open?id=1JlKPpIwrqMuYwSJ53nMvvhhBqBrH32aK C. Materi menganalisis isi proposal Pada pembelajaran kali ini, kalian akan belajar menganalisis isi dengan mengidentifikasi informasi dalam proposal. Setelah itu, kamu akan mempelajari cara menganalisis sistemattika penulisan proposal dan analsisi unsur kebahasaan y

KELAS XI : M4 KB 1 : BUKU PENGAYAAN (NONFIKSI)

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren. Pada pertemuan kali ini ini kita akan belajar materi tentang Buku Pengayaan (Nonfiksi) Sebelum belajar jangan lupa berdoa dulu ya? Kompetensi Dasar 3.7 Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan        (nonfiksi) yang dibaca Indikator Pencapaian Kompetensi 3.7.1 Mendeteksi butir-butir penting dari buku pengayaan           (nonfiksi) yang dibaca dengan cermat. 3.7.2 Membuat ringkasan butir-butir penting dari satu           buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca dengan cermat dan           runtut. Tujuan pembelajaran Melalui kegiatan literasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi, peserta didik mampu: 1. mendeteksi butir-butir penting dari buku nonfiksi yang dibaca      dengan cermat secara berkelompok; 2. membuat ringkasan butir-butir penting dari satu buku pengayaan      (nonfiksi) dengan cermat dan runtut secara berkelompok; sehingga peser

KELAS XII M1 KB 1 : Teks Surat Lamaran Pekerjaan

Halo, Selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren.  Kali ini kita akan belajar tentang Teks Surat Lamaran Pekerjaan.  Apa sih Surat Lamaran Pekerjaan itu?  Silahkan simak video berikut  dan bisa juga download file powerpoint  https://drive.google.com/file/d/1adp1flTm8STzeAfW2YA6fCjGg6zE2bUd/view?usp=sharing Definisi surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang ditulis seseorang yang ditujukan kepada lembaga/instansi dengan tujuan mendapatkan pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan bisa juga diartikan dengan surat dari calon karyawan kepada calon majikan yang berisi permintaan supaya karyawan diberi pekerjaan oleh calon majikan. Surat lamaran pekerjaan bersifat formal ataupun resmi, misalnya surat untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan ataupun jabatan tertentu sesuai pada iklan yang ditawarkan. Dalam hal ini, pelamar dalam surat lamarannya perlu menyebutkan sumber lamaran tersebut pada paragr