Langsung ke konten utama

KELAS XII M5 KB 2 : Struktur Teks Ulasan

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren.

Semoga kita senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dari wabah Covid-19. Amin ya Robbal 'Alamin...

Pada pertemuan kedua ini kita akan belajar tentang Struktur Teks Ulasan.


Untuk SMK Modern Al-Rifa'ie Kelas XII MM 1, XII MM 2, XII FA, dan XII KEP.

Silahkan klik link ZOOM dibawah ini.

Kompetensi Dasar

3.7 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca

4.7 Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis


Indikator Pencapaian Kompetensi

3.7.1 Mengidentifikasi isi buku fiksi dan nonfiksi

3.7.2 Menentukan struktur buku fiksi dan nonfiksi

3.7.3 Membandingkan isi dua buku fiksi dan satubuku nonfiksi

4.7.1 Menyusun laporan hasil diskusi isi buku fiksi dan nonfiksi

4.7.2 Menulis laporan hasil diskusi struktur isi buku fiksi dan nonfiksi.

4.7.3 Membuat laporan hasil diskusi perbandingan isi buku fiksi dan nonfiksi.


Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning, siswa mampu:
1. mengidentifikasi isi dan struktur teks ulasan buku fiksi dan nonfiksi;
2. membandingkan isi teks ulasan buku fiksi dan nonfiksi;
3. menyusun laporan hasil diskusi isi, struktur, dan perbandingan isi teks ulasan buku fiksi dan nonfiksi; 
dengan sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ayo BERLITERASI dengan menyimak terlebih dahulu video pembelajaran tentang materi Struktur Teks Ulasan berikut!





PAHAMI MATERI TEKS ULASAN DI BAWAH INI!!!

Teks ulasan adalah sebuah teks yang dihasilkan dari sebuah analisis terhadap berbagai hal. Analisis itu bisa berbentuk buku, novel, berita, laporan, atau dongeng. Teks tersebut memberikan tanggapan atau analisis yang berhubungan dengan latar, waktu, tempat, serta karakter yang ada di dalam teks tersebut. Untuk memahami teks ulasan, harus mengetahui struktur teks ulasan serta unsur-unsur kebahasaan yang mendukung teks tersebut.

Pengertian ulasan di dalam KBBI adalah tafsiran, kupasan, ataupun komentar terhadap sebuah objek. Macam-macam objek yang bisa dibuat ulasannya adalah buku, drama, novel, puisi, film, maupun lagu. Biasanya, teks ulasan berisi berbagai macam penilaian yang bersifat kritis, berimbang, serta jujur tanpa ada tedensi apa pun.

Struktur Teks Ulasan
Untuk mengenal struktur teks ulasan, kalian harus membaca berkali-kali lagi teks ulasan dengan cermat. Amati bagian-bagian per paragraf, nantinya disitulah akan menemukan struktur teks ulasan, yang terdiri atas orientasi (orientation), tafsiran (interpretative recount), evaluasi (evaluation), dan rangkuman (summary)
  1. Bagian orientasi berisi gambaran umum buku fiksi dan nonfiksi yang akan diulas, misalnya, berisi tentang gambaran umum isi buku yang akan diulas. Gambaran umum buku tersebut dapat berupa cerita yang disuguhkan, bab yang dibahas, dan sebagainya.
  2. Tafsiran berisi pandangan sendiri mengenai isi buku fiksi dan nonfiksi yang diulas. Bagian ini dilakukan setelah mengevaluasi isi buku fiksi dan nonfiksi tersebut. Pada bagian ini penulis biasanya membandingkan isi buku fiksi dan nonfiksi tersebut dengan isi buku fiksi dan nonfiksi yang mirip. Penulis juga menilai kekurangan dan kelebihan isi buku fiksi dan nonfiksi yang diulas.
  3. Pada bagian evaluasi penulis mengevaluasi isi buku fiksi dan nonfiksi, penampilan, dan produksi. Bagian evaluasi juga berisi gambaran tentang detail sisi buku fiksi dan nonfiksi yang diulas. Hal ini bisa berupa bagian, ciri-ciri, dan kualitas buku fiksi dan nonfiksi tersebut.
  4. Pada bagian rangkuman, penulis memberikan ulasan akhir yang berisi simpulan buku fiksi dan nonfiksi tersebut.

Berikut ini akan ditampilkan teks ulasan novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Untuk mengenali struktur teks tersebut, amati dan baca teks tersebut dengan cermat. 

Ulasan Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata



Identitas Buku

Judul      : Sang Pemimpi
Penulis   : Andrea Hirata
Penerbit  : PT. Bentang Pustaka
Halaman : X + 292 Halaman
Cetakan  : ke-14, Januari 2008
ISBN      : 979-3062-92-4







Struktur Teks

Kalimat

Orientasi

            Novel Sang Pemimpi ini merupakan novel kedua dari tetralogi novel Laskar Pelangi. Novel ini pernah diadaptasi menjadi sebuah film. Ada tiga tokoh utama di dalam film ini. Mereka adalah Ikal, Arai, dan Jimbron. Ikal mewakili Andrea Hirata yang penulis. Arai adalah yatim piatu yang menjadi saudara jauhnya sejak kecil. Sementara Jimbron adalah teman mereka yang gagap ketika gugup dan ketika ia antusias dengan suatu hal. Ia sangat terobsesi dengan kuda. Novel ini menceritakan kehidupan dan kisah persahabatan mereka sejak kecil.

Tafsiran

            Pada bab pertama buku ini, Andrea menceritakan bahwa dirinya (dalam Cerita dalam novel ini menggambarkan kehidupan Ikal di Pulau Belitong. Ia hidup dalam kemiskinan. Disebutkan juga kedua rekannya yang bernama Arai dan Jimbron. Dalam hal memenuhi kebutuhan hidup, mereka harus bekerja keras. Ikal dan Arai harus bekerja sebagai kuli di pelabuhan ikan. Mereka memulai pekerjaan mulai dini hari, kemudian berangkat menuju sekolah. Lokasi sekolahnya cukup jauh yaitu sekitar 30 km, sehingga mereka harus menyewa kamar.
             Namun, mereka tetap berprestasi. Mereka giat belajar dan masuk 5 besar di antara 160 murid di sekolah mereka. Mereka bertiga pun merupakan remaja SMA nakal yang dibenci oleh kepala wakil sekolah mereka yang bernama pak Mustar.
             Namun, berbeda dengan pak Balia selaku kepala sekolah. Beliau yang memberikan mimpi kepada murid-murid, terutama pada mereka bertiga. Mimpi untuk melanjutkan studi hingga ke Perancis, pun menjelahi Eropa hingga Afrika.
              Banyak kenakalan yang mereka lakukan. Mereka pernah mengejek pak Mustar saat upacara bendera, menyusup ke bioskop untuk menonton film dewasa, padahal sekolah tidak membolehkan. Mereka pun akhirnya dihukum oleh Pak Mustar.

Evaluasi

              Novel yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir Novel ini menceritakan tentang kisah hidup yang mandiri dari tokoh yang disebutkan sebelumnya. Mereka hidup terpisah dari orang tua dengan kondisi ekonomi yang memprihatinkan.
              Diceritakan pula tentang kisah persahabatan mereka yang setia dan memiliki cita-cita tinggi di bidang pendidikan. Kisahnya diceritakan dengan baik dan sangat mengharukan.
              Ada banyak kejadian lucu yang disampaikan dengan cerdas nan tidak biasa. Pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat, kesedihan, bahkan rasa putus asa. Sangat memotivasi, terutama para pelajar.

Rangkuman

              Novel ini sangat direkomendasikan terutama untuk para pelajar. Motivasi yang diberikan sangat luar biasa terlepas dari kondisi apapun yang sedang dihadapi. Semangat juang selalu dikibarkan terutama dalam hal menjalin persahabatan dan menempuh pendidikan. Pantang menyerah dan terus mencoba bisa mengalahkan segala sesuatu yang dianggap tidak mungkin pada awalnya.

Daftar Pustaka
Suherli, dkkk. (2017). Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Kementerian Pendidiikan dan Kebudayaan.
Yustinah. Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas XII. 2017. Jakarta: Penerbit Erlangga. 

Jika sudah memahami materi pembelajaran kita kali ini, silakan kalian mengunduh file tugas pada link di bawah ini!
Kelas XII MM 1
https://drive.google.com/drive/folders/1DLMBQsZnRapTZ3gJlthJboXJMS33Z-UG?usp=sharing
kemudian kirim tugas tersebut pada email di bawah ini:
JANGAN LUPA FILENYA DI BERI NAMA MASING-MASING!

Kelas XII MM 2
https://drive.google.com/drive/folders/1KdbF3563HtHq7ABUaai0ueMy06-c3m6a?usp=sharing
kemudian kirim tugas tersebut pada email di bawah ini:
JANGAN LUPA FILENYA DI BERI NAMA MASING-MASING!

Kelas XII FM
https://drive.google.com/drive/folders/1qExfd1A3QikqQstiubnKBgu4JcqxemXd?usp=sharing
kemudian kirim tugas tersebut pada email di bawah ini:
JANGAN LUPA FILENYA DI BERI NAMA MASING-MASING!

Kelas XII KPR
https://drive.google.com/drive/folders/1D51xRVTFSydNh-yRBs8KmXYE2go5C1mw?usp=sharing
kemudian kirim tugas tersebut pada email di bawah ini:
JANGAN LUPA FILENYA DI BERI NAMA MASING-MASING!






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas XI : M5 KB 3 : Menganalisis Isi, Sitematika, dan Kaidah Kebahasaan Teks Proposal

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang super keren. Pada pertemuan ketiga ini kita akan mempelajari materi tentang  Menganalisis Isi Teks Debat .  Setelah   mempelajari   materi   ini,   kamu   diharapkan   mampu: Menganalisis proposal, peserta didik mampu mengidentifikasi dan menemukan isi/informasi, sistematika, dan unsur kebahasaan proposal secara tepat Menguraikan isi/informasi, sistematika, dan unsur kebahasaan proposal dalam bentuk simpulan secara tepat. Sebelum mulai kegiatan belajar har ini, jangan lupa berdoa dulu ya? A. Mari amati video berikut! B. Mari amati materi PPT berikut ini! https://drive.google.com/open?id=1JlKPpIwrqMuYwSJ53nMvvhhBqBrH32aK C. Materi menganalisis isi proposal Pada pembelajaran kali ini, kalian akan belajar menganalisis isi dengan mengidentifikasi informasi dalam proposal. Setelah itu, kamu akan mempelajari cara menganalisis sistemattika penulisan p...

KELAS XI : M4 KB 1 : BUKU PENGAYAAN (NONFIKSI)

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren. Pada pertemuan kali ini ini kita akan belajar materi tentang Buku Pengayaan (Nonfiksi) Sebelum belajar jangan lupa berdoa dulu ya? Kompetensi Dasar 3.7 Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan        (nonfiksi) yang dibaca Indikator Pencapaian Kompetensi 3.7.1 Mendeteksi butir-butir penting dari buku pengayaan           (nonfiksi) yang dibaca dengan cermat. 3.7.2 Membuat ringkasan butir-butir penting dari satu           buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca dengan cermat dan           runtut. Tujuan pembelajaran Melalui kegiatan literasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi, peserta didik mampu: 1. mendeteksi butir-butir penting dari buku nonfiksi yang dibaca      dengan cermat secara berkelompok; 2. membuat rin...

FORUM DISKUSI KELAS XII MM 1 DAN XII KPR : M1 KB 2 : Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Assalamualaikum, Wr. Wb. Selamat pagi, anak-anakku pembelajar bahasa Indonesia KELAS  XII MM1  dan  Kelas XII KPR  yang keren-keren. Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiat. Amin? Pada forum diskusi M 1 KB 2 kali ini, kita akan saling  bertukar  pendapat ,  wawasan , dan  pengetahuan . Setelah kalian memahami materi Surat Lamaran Pekerjaan.  1. Apakah struktur setiap Surat Lamaran Pekerjaan berbeda?   2. Mengapa dalam menulis Surat Lamaran Pekerjaan tidak boleh dengan menyombongkan kemampuan atau memelas? 3. Menurut kalian, seberapa pentingkah lampiran yang akan kalian ikutsertakan pada surat teks lamaran pekerjaan?  Kemukakan alasan kalian masing-masing! Silahkan kemukakan jawaban kalian pada kolom komentar. Terimakasih.