Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren.
Semoga kita senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dari wabah Covid-19. Amin ya Robbal 'Alamin...Pada pertemuan kedua ini kita akan belajar tentang Struktur Teks Ulasan.
Silahkan klik link ZOOM dibawah ini.
Kompetensi Dasar |
3.7 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca |
4.7 Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.7.1 Mengidentifikasi isi buku fiksi dan nonfiksi 3.7.2 Menentukan struktur buku fiksi dan nonfiksi 3.7.3 Membandingkan isi dua buku fiksi dan satubuku nonfiksi |
4.7.1 Menyusun laporan hasil diskusi isi buku fiksi dan nonfiksi 4.7.2 Menulis laporan hasil diskusi struktur isi buku fiksi dan nonfiksi. 4.7.3 Membuat laporan hasil diskusi perbandingan isi buku fiksi dan nonfiksi. |
1. mengidentifikasi isi dan struktur teks ulasan buku fiksi dan nonfiksi;
2. membandingkan isi teks ulasan buku fiksi dan nonfiksi;
dengan sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Bagian orientasi berisi gambaran umum buku fiksi dan nonfiksi yang akan diulas, misalnya, berisi tentang gambaran umum isi buku yang akan diulas. Gambaran umum buku tersebut dapat berupa cerita yang disuguhkan, bab yang dibahas, dan sebagainya.
- Tafsiran berisi pandangan sendiri mengenai isi buku fiksi dan nonfiksi yang diulas. Bagian ini dilakukan setelah mengevaluasi isi buku fiksi dan nonfiksi tersebut. Pada bagian ini penulis biasanya membandingkan isi buku fiksi dan nonfiksi tersebut dengan isi buku fiksi dan nonfiksi yang mirip. Penulis juga menilai kekurangan dan kelebihan isi buku fiksi dan nonfiksi yang diulas.
- Pada bagian evaluasi penulis mengevaluasi isi buku fiksi dan nonfiksi, penampilan, dan produksi. Bagian evaluasi juga berisi gambaran tentang detail sisi buku fiksi dan nonfiksi yang diulas. Hal ini bisa berupa bagian, ciri-ciri, dan kualitas buku fiksi dan nonfiksi tersebut.
- Pada bagian rangkuman, penulis memberikan ulasan akhir yang berisi simpulan buku fiksi dan nonfiksi tersebut.
Judul : Sang Pemimpi
Penulis : Andrea Hirata
Penerbit : PT. Bentang Pustaka
Halaman : X + 292 Halaman
Cetakan : ke-14, Januari 2008
ISBN : 979-3062-92-4
Struktur Teks |
Kalimat |
Orientasi |
Novel Sang Pemimpi ini merupakan novel kedua dari tetralogi novel Laskar Pelangi. Novel ini pernah diadaptasi menjadi sebuah film. Ada tiga tokoh utama di dalam film ini. Mereka adalah Ikal, Arai, dan Jimbron. Ikal mewakili Andrea Hirata yang penulis. Arai adalah yatim piatu yang menjadi saudara jauhnya sejak kecil. Sementara Jimbron adalah teman mereka yang gagap ketika gugup dan ketika ia antusias dengan suatu hal. Ia sangat terobsesi dengan kuda. Novel ini menceritakan kehidupan dan kisah persahabatan mereka sejak kecil. |
Tafsiran |
Pada bab pertama buku ini, Andrea menceritakan bahwa dirinya (dalam Cerita dalam novel ini menggambarkan kehidupan Ikal di Pulau Belitong. Ia hidup dalam kemiskinan. Disebutkan juga kedua rekannya yang bernama Arai dan Jimbron. Dalam hal memenuhi kebutuhan hidup, mereka harus bekerja keras. Ikal dan Arai harus bekerja sebagai kuli di pelabuhan ikan. Mereka memulai pekerjaan mulai dini hari, kemudian berangkat menuju sekolah. Lokasi sekolahnya cukup jauh yaitu sekitar 30 km, sehingga mereka harus menyewa kamar. Namun, mereka tetap berprestasi. Mereka giat belajar dan masuk 5 besar di antara 160 murid di sekolah mereka. Mereka bertiga pun merupakan remaja SMA nakal yang dibenci oleh kepala wakil sekolah mereka yang bernama pak Mustar. Namun, berbeda dengan pak Balia selaku kepala sekolah. Beliau yang memberikan mimpi kepada murid-murid, terutama pada mereka bertiga. Mimpi untuk melanjutkan studi hingga ke Perancis, pun menjelahi Eropa hingga Afrika. Banyak kenakalan yang mereka lakukan. Mereka pernah mengejek pak Mustar saat upacara bendera, menyusup ke bioskop untuk menonton film dewasa, padahal sekolah tidak membolehkan. Mereka pun akhirnya dihukum oleh Pak Mustar. |
Evaluasi |
Novel yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir Novel ini menceritakan tentang kisah hidup yang mandiri dari tokoh yang disebutkan sebelumnya. Mereka hidup terpisah dari orang tua dengan kondisi ekonomi yang memprihatinkan. |
Rangkuman |
Novel ini sangat direkomendasikan terutama untuk para pelajar. Motivasi yang diberikan sangat luar biasa terlepas dari kondisi apapun yang sedang dihadapi. Semangat juang selalu dikibarkan terutama dalam hal menjalin persahabatan dan menempuh pendidikan. Pantang menyerah dan terus mencoba bisa mengalahkan segala sesuatu yang dianggap tidak mungkin pada awalnya. |
Daftar Pustaka
https://voi.co.id/contoh-teks-ulasan/ (diakses pada 23 November 2020)
https://www.mikirbae.com/2015/08/struktur-teks-ulasan-sang-pemimpi.html (diakses pada 25 November 2020)
Kelas XII MM 1
https://drive.google.com/drive/folders/1DLMBQsZnRapTZ3gJlthJboXJMS33Z-UG?usp=sharing
Kelas XII MM 2
https://drive.google.com/drive/folders/1KdbF3563HtHq7ABUaai0ueMy06-c3m6a?usp=sharing
Kelas XII FM
https://drive.google.com/drive/folders/1qExfd1A3QikqQstiubnKBgu4JcqxemXd?usp=sharing
https://drive.google.com/drive/folders/1D51xRVTFSydNh-yRBs8KmXYE2go5C1mw?usp=sharing
Komentar
Posting Komentar