Langsung ke konten utama

Kelas XI : M8 KB 2 : Struktur Teks Resensi/Teks Ulasan

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren.

 Semoga kita senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dari wabah Covid-19. Amin ya Robbal 'Alamin...


Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari materi tentang  Struktur Teks Resensi atau Teks Ulasan


Untuk MA Nurul Ulum Putra-Putri Kelas XI MIA 1, XI MIA 3, XI IIS 1, XI IIS 3, dan XI IIS 4.

Untuk SMK Modern Al-Rifa'ie Kelas XI MM 1, XI MM 2, dan XI KEP.

Sebelum belajar jangan lupa berdoa dulu ya?
Berdasarkan Hadist, Ini 8 Waktu yang Paling Mustajab untuk Berdoa

Simak dulu media powerpoint berikut


dan

Simak dulu video berikut
https://youtu.be/f8r0D42OODg

https://youtu.be/Mz97NFHqD54

https://youtu.be/yL8fQ17C684


MARI BELAJAR!!

D. Struktur atau Unsur Teks ResensiHal-hal yang dapat ditanggapi dalam resensi ialah kualitas isi, penampilan, unsur-unsur, bahasa, dan manfaat bagi pembaca. Kemudian, unsur-unsur atau sistematika yang terdapat dalam resensi di antaranya ialah sebagai berikut.
  1. Judul resensi
  2. Identitas buku yang diresensi
  3. Pendahuluan (memperkenalkan pengarang, tujuan pengarang buku, dll)
  4. Inti/isi resensi
  5. Keunggulan buku
  6. Kekurangan buku
  7. Penutup



Unsur-unsur Teks Resensi

Dalam membuat resensi, terdapat unsur-unsur yang harus dilengkapi agar resensi yang dibuat menjadi jelas dan berkualitas. Berikut ini adalah beberapa unsur yang harus ada dalam pembuatan resensi menurut Isnatun dan Farida (2013:57-58).

1. Judul Ulasan/Resensi

Judul harus sesuai dengan isi ulasan dan harus menarik serta benar-benar menjiawai seluruh tulisan atau inti tulisan. Judul dapat dibuat setelah ulasan selesai. Dalam menulis judul resensi, harus jelas, singkat, dan tidak menimbulkan kesalahan penafsiran.

2. Data Karya yang Diulas

Data yang dibutuhkan untuk mengulas buku, meliputi: judul buku, pengarang, penerjemah (jika ada), genre, editor/penyunting, penerbit, tahun terbit beserta informasi cetakan keberapa, tebal buku, harga buku, dan lain-lan.

3. Pembukaan

Pembukaan bisa dimulai dengan hal-hal seperti berikut ini.
  • Ulasan pembuat karya dan prestasinya.
  • Perbandingan dengan karya sejenis yang sudah ada.
  • Pemaparan keunikan karya tersebut.
  • Perumusan tema karya.
  • Pengungkapan kritik serta kesan terhadap karya.
  • Ulasan tentang penerbit (untuk buku) atau produser (untuk film).
  • Pengajuan pertanyaan.
  • Pembuka dialog.

4. Tubuh atau Isi pernyataan

Tubuh atau isi pernyataan biasanya memuat hal-hal seperti berikut ini.
  • Sinopsis atau isi karya secara singkat, padat, dan kronologis.
  • Pembahasan singkat dengan kutipan secukupnya.
  • Keunggulan karya.
  • Kelemahan karya.
  • Rumusan kerangka kaya
  • Tinjauan bahas (mudah atau berbelit-belit).
  • Adanya kesalahan cetak (buku), atau ketidaklengkapan logika (film).

5. Penutup

Bagian penutup biasanya berisi pendapat bahwa karya tersebut penting untuk siapa dan mengapa.



Menurut pendapat lain, unsur-unsur resensi seperti berikut ini.

1. Judul Resensi

Judul resensi tidak harus mirip dengan judul buku. Bahkan kalau perlu berbeda dari judul buku. Namun, judul resensi harus tetap menggambarkan isi buku tersebut dan harus dibuat semenarik mungkin untuk menimbulkan keingintahuan para pembaca.

2. Identitas Buku

Pada bagian ini perlu dijelaskan mengenai: judul buku, nama pengarang, cetakan dan waktu terbit, nama penerbit, dan tebal buku (jumlah halaman).

3. Riwayat Pengarang

Bagian ini menjelaskan secara singkat mengenai: biografi pengarang, buku-buku yang pernah ditulisnya, penghargaan-penghargaan yang pernah didapatnya dalam bidang kepengarangan.

4. Sinopsis/Ringkasan Isi Buku

Untuk menarik minat pembaca, maka kita perlu untuk membeberkan bagian-bagian yang menarik dari buku yang diresensi.

5. Ulasan tentang Keunggulan dan kelemahan buku


Bagian ini adalah bagian inti dari resensi karena kita memberi penilaian atas kualitas buku tersebut. Dalam menilainya harus disertai dengan alasan atau data yang valid.

6. Penutup

Untuk bagian ini, kita perlu menegaskan ulang tentang kelebihan buku tersebut dan mengajak pembaca untuk membaca buku tersebut.

Struktur Resensi

Struktur resensi terdiri atas empat bagian. Penjelasannya sebagai berikut.
  1. Bagian identitas: meliputi judul, penerbit, pengarang, kota penerbit, tahun terbit, tebal buku (jumlah halaman) dan harga buku. Bagian ini bertujuan untuk memperkenalkan buku yang diresensi kepada pembaca.
  2. Bagian sinopsis: berisi ringkasan karangan.
  3. Bagian ulasan: berisi bahasan dan pertimbangan mengenai baik atau buruknya sebuah buku.
  4. Bagian penutup: biasanya berisi kesimpulan

.......................................................................................................

Jika masih ada yang belum paham, silahkan bertanya pada kolom komentar. 
Pastikan emailmu aktif sehingga tidak sulit ketika ingin bertanya di kolom komentar. 
Jangan lupa sertakan nama, kelas, dan nomor presensi kalian. 
Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas XI : M5 KB 3 : Menganalisis Isi, Sitematika, dan Kaidah Kebahasaan Teks Proposal

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang super keren. Pada pertemuan ketiga ini kita akan mempelajari materi tentang  Menganalisis Isi Teks Debat .  Setelah   mempelajari   materi   ini,   kamu   diharapkan   mampu: Menganalisis proposal, peserta didik mampu mengidentifikasi dan menemukan isi/informasi, sistematika, dan unsur kebahasaan proposal secara tepat Menguraikan isi/informasi, sistematika, dan unsur kebahasaan proposal dalam bentuk simpulan secara tepat. Sebelum mulai kegiatan belajar har ini, jangan lupa berdoa dulu ya? A. Mari amati video berikut! B. Mari amati materi PPT berikut ini! https://drive.google.com/open?id=1JlKPpIwrqMuYwSJ53nMvvhhBqBrH32aK C. Materi menganalisis isi proposal Pada pembelajaran kali ini, kalian akan belajar menganalisis isi dengan mengidentifikasi informasi dalam proposal. Setelah itu, kamu akan mempelajari cara menganalisis sistemattika penulisan proposal dan analsisi unsur kebahasaan y

KELAS XI : M4 KB 1 : BUKU PENGAYAAN (NONFIKSI)

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren. Pada pertemuan kali ini ini kita akan belajar materi tentang Buku Pengayaan (Nonfiksi) Sebelum belajar jangan lupa berdoa dulu ya? Kompetensi Dasar 3.7 Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan        (nonfiksi) yang dibaca Indikator Pencapaian Kompetensi 3.7.1 Mendeteksi butir-butir penting dari buku pengayaan           (nonfiksi) yang dibaca dengan cermat. 3.7.2 Membuat ringkasan butir-butir penting dari satu           buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca dengan cermat dan           runtut. Tujuan pembelajaran Melalui kegiatan literasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi, peserta didik mampu: 1. mendeteksi butir-butir penting dari buku nonfiksi yang dibaca      dengan cermat secara berkelompok; 2. membuat ringkasan butir-butir penting dari satu buku pengayaan      (nonfiksi) dengan cermat dan runtut secara berkelompok; sehingga peser

KELAS XII M1 KB 1 : Teks Surat Lamaran Pekerjaan

Halo, Selamat pagi, siang, sore, dan malam para pembelajar bahasa Indonesia yang keren-keren.  Kali ini kita akan belajar tentang Teks Surat Lamaran Pekerjaan.  Apa sih Surat Lamaran Pekerjaan itu?  Silahkan simak video berikut  dan bisa juga download file powerpoint  https://drive.google.com/file/d/1adp1flTm8STzeAfW2YA6fCjGg6zE2bUd/view?usp=sharing Definisi surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang ditulis seseorang yang ditujukan kepada lembaga/instansi dengan tujuan mendapatkan pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan bisa juga diartikan dengan surat dari calon karyawan kepada calon majikan yang berisi permintaan supaya karyawan diberi pekerjaan oleh calon majikan. Surat lamaran pekerjaan bersifat formal ataupun resmi, misalnya surat untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan ataupun jabatan tertentu sesuai pada iklan yang ditawarkan. Dalam hal ini, pelamar dalam surat lamarannya perlu menyebutkan sumber lamaran tersebut pada paragr